Kamu Harus Tahu! Begini 11 Fakta Menarik Tentang Cinta, Ternyata Nggak Klise

Tentang cinta itu ternyata nggak selalu klise. Kamu harus tahu fakta-fakta menarik seputar perasaanmu.

Anggapan tentang cinta itu ada banyak versi. Pun dengan kenyataan tentang kisah dua insan manusia dalam menghabiskan waktu berdua. Ternyata, fakta menarik tentang cinta itu menarik. Jauh dari klise! Dikutip dari Boredpanda, ada satu pepatah tentang perasaan berbunga-bunga ini. Katanya "jika kamu nggak pernah terluka karena cinta, maka kamu sangat beruntung atau kesepian". 

Berdasarkan fakta ilmiah lewat berbagai kacamata, cinta itu menarik. Lewat sudut pandang psikologi, budaya, reaksi biologis dan lain sebagainya membuktikan bahwa cinta itu...bisa jadi sumber pengetahuan. Hehe.

1. Hubungan monogami ada di seluruh Animal Kingdom

Seringkali berpikir bahwa manusia adalah makhluk yang paling sempurna. Tunda dulu, ada beberapa kerajaan hewan yang hanya mempunyai satu pasangan seumur hidupnya. Seperti serigala, angsa, siamang, burung nasar hitam, elang laut, rayap adalah hewan-hewan setia. 

Hubungan monogami ada di seluruh Animal Kingdom (@mcsize_77/unsplash.com)

2. Diputuskan dalam waktu singkat

Saat kamu ingin membekas di hati seseorang, hanya dalam waktu 4 menit keputusan itu diambil. Seseorang tertarik itu digambarkan lewat bahasa tubuh, tone suara dan kecepatan dalam berbicara. Apapun yang dikatakan, tidak menunjukkan fakta tanpa tiga hal tersebut.

Diputuskan dalam waktu singkat (@goumbik/unsplash.com)

3. Pandangan mata sinkron dengan detak jantung

Penelitian telah menemukan bahwa sepasang kekasih yang sedang jatuh cinta dan berkomitmen untuk bersama mempunyai degup jantung yang sinkron setelah saling berpandangan mata selama tiga menit.

Pandangan mata sinkron dengan detak jantung (@ddvineimagery/unsplash.com)

4. Jatuh cinta, peristiwa neuron yang efeknya setara dengan kokain

Jatuh cinta itu setara dengan mengkonsumsi kokain. Kedua pengalaman tersebut mempengaruhi otak dengan cara yang sama. Otak terpicu untuk merasakan euforia. Penelitian menemukan bahwa jatuh cinta menghasilkan bahan kimia yang mestrimulasi 12 area di otak secara bersamaan. Wow!

Jatuh cinta, peristiwa neuron yang efeknya setara dengan kokain (@photologic/unsplash.com)

5. Berpelukan, penyembuh rasa sakit alami

Hormon cinta tau oksitosin diproduksi lebih ketika berpelukan. Hormon mempengaruhi otak, ovarium, testis dan membangun keterikatan. Penelitian menemukan bahwa oksitosin penyembuh sakit kepala hanya dalam waktu 4 jam. Jadi, disarankan untuk memikirkan kembali minum obat ketika merasakan sakit.

Berpelukan, penyembuh rasa sakit alami (@beccatapert/unsplash.com)

6. Lihat fotonya aja bisa menyembuhkan

Sebuah eksperimen menunjukkan bahwa ketika mengalami rasa sakit, partisipan dalam penelitian tersebut merasa jauh lebih baik ketika melihat gambar-gambar orang terdekat. 

Lihat fotonya aja bisa menyembuhkan (@markusspiske/unsplash.com)

7. Tingkat ketertarikan menentukan pasangan yang cocok

Banyak penelitian psikologis dan sosial yang menunjukkan pola kecocokan dalam hubungan kekasih. Ketika mempunyai tingkat ketertarikan yang sama maka sepasang manusia tersebut akan menemukan kecocokan. 

Tingkat ketertarikan menentukan pasangan yang cocok (@estherann.com)

8. Cinta romantis hanya dialami setahun, setelahnya? Komitmen!

Cinta romantis yang mengalami euforia, ketergantungan, malu-malu dan gelisah hanya akan berlangsung selama setahun. Setelah tahun pertama, masuk pada tahap 'komitmen cinta'. Pada proses transisi terjadi peningkatan kadar protein neutropin.

Cinta romantis hanya dialami setahun, setelahnya? Komitmen! (@daywalkerhn/unsplash.com)

9. Mengingat tentang cinta dan seksualitas mempengaruhi kreativitas dan berpikir konkret

Penelitian yang didasarkan pada Teori Tingkat Konstrual, menemukan bahwa mengingat-ingat tentang cinta mempengaruhi kreativitas. Ingatan tentang cinta yang abstrak membuat seseorang lebih kreatif dalam merealisasikan hubungan cinta jangka panjang, komitmen dan keintiman. Sedangkan mengingat tentang seksualitas akan membuat seseorang lebih fokus dalam berpikir konkret atau nyata.

Mengingat tentang cinta dan seksualitas mempengaruhi kreativitas dan berpikir konkret (@zacharytnelson/unsplash.com)

10. Teori segitiga cinta

Dalam Teori Segitiga Cinta terdapat komponen untuk membangun cinta yang sempurna. Komponen tersebut adalah gairah, keintiman dan saling mengasihi. Tentu saja setiap orang memimpikan cinta yang sempurna.

Teori segitiga cinta (@neonbrand.com)

11. Dua orang asing bisa jatuh cinta dengan saling bertatapan mata

Mata adalah cerminan jiwa, jadi nggak mengejutkan jika saling menatap mata bisa membuat kedua orang asing saling jatuh cinta. Secara ilmiah, ketika seseorang saling menatap tubuh menghasilkan zat kimia yang disebut phenylthylamine. Zat tersebut sering dikaitkan dengan keputusan antara 'melawan' atau 'lari'. Jika sepasang orang asing memutuskan untuk saling menatap, panah Cupid siap dilesatkan.

Bagaimana dengan cinta yang kamu rasakan? Mendebarkan, menghangatkan atau meruntuhkan?

Dua orang asing bisa jatuh cinta dengan saling bertatapan mata (bustle.com)