Berikut Manfaat Zumba Dance Untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Siapa sangka bahwa olahraga satu ini ternyata memiliki beragam manfaat tak terduga untuk kesehatan tubuh. Apa saja?

Tahukah kalian apa itu Zumba Dance? Bagi kalian yang belum tahu, Zumba dance merupakan salah satu tarian untuk membuat tubuh lebih bugar. Tarian ini biasanya adalah tarian latin yang dipadukan dengan fitnes 30 persen dan dansanya 70 persen. 

Di Indonesia, zumba dibagi menjadi enam kategori. Tari kebugaran ini bisa dilakukan oleh semua umur. Gerakannya pun disesuaikan dengan kelompok usia masing-masing, mulai dari Zumbatomik, Gold, Fitness, Toning, Sentao, dan Aqua. Keenam kategori tersebut mencakup zumba untuk anak kecil dan remaja, wanita dan pria dewasa, hingga para lansia.

Beragam variasi gerakan dipadukan menjadi satu saat latihan zumba. Gerakannya berasal dari berbagai gaya dansa, seperti salsa, flamenco, reggaeto, saco, dan masih banyak lainnya. 

Meski olahraga zumba dance ini termasuk dalam kategori latihan kebugaran yang berat, namun jangan salah sangka gengs, ternyata ada beragam manfaat kesehatan yang kalian dapatkan saat melakukan olahraga ini. Tak percaya?

Berikut beberapa manfaat melakukan zumba dance bagi kesehatan yang tak banyak diketahui:

Zumba dance (okekesehatan.blogspot.com)

1. Lebih Awet Muda

Zumba dance, menuntut untuk menggerakan semua bagian tubuh, termasuk gerakan senam wajah. Pada gerakan senam wajah ini, semua peserta diwajibkan untuk tersenyum dan tertawa. Nah, hal itulah yang dipercaya bahwa latihan ini dapat membuat kalian terlihat lebih awet muda.

Awet muda (kawaiibeautyjapan.com)

2. Menambah Rasa Semangat

Pada olahraga zumba dance ini biasanya terdapat koreografer, tugas dari koreografer ini menginstruksikan untuk selalu mengikuti gerakannya, beserta dengan iringan music hip-hop dengan irama yang cocok untuk bergoyang.

Nah, pada saat inilah seseorang dapat merasakan keseruan pada saat mengikuti setiap gerakan dari sang koreografer ini gengs. Meski melelahkan, hal ini dapat menambah rasa semangat dalam diri kalian kok. Cobain dehh.

Rasa semangat muncul (seratus.id)

3. Menyegarkan Pikiran

Penat akan pekerjaan di kantor yang menumpuk? Bisa kok kalian atasi dengan mudah, salah satunya dengan melakukan zumba dance ini. Pasalnya zumba dance ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menyegarkan pikiran.

Gerakan yang menantang pada zumba dance ini, memungkinkan jantung untuk memompa darah dari tubuh, mengalirkannya ke seluruh tubuh dan mengembalikannya ke dalam jantung dengan lebih cepat.

Hal ini akan menyebabkan aliran darah yang memasuki otak menjadi lebih cepat, darah bersih yang mengalir pada otak memiliki kandungan oksigen, asupan oksigen yang dibutuhkan otak akan dapat dipenuhi dengan baik. Hal ini akan membuat otak lebih segar dan mampu untuk berpikir jernih.

Menyegarkan pikiran (forum.detik.com)

4. Membantu Program Diet

Untuk kalian yang sedang menjalani program diet, bisa nih sesekali melakukan zumba dance supaya diet kalian berjalan dengan signifikan.

Pasalnya salah satu tujuan dari melakukan zumba dance ini yaitu meningkatkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh. 

Jadi pada saat kalian melakukan gerakan zumba dance ini, secara otomatis intensitas lemak di dalam tubuh ini akan menurun, yang kemudian posisinya digantikan oleh kalori. Saat lemak terbakar, kalori pun ikut terbakar, nah otomatis berat tubuh kalian akan turun secara signifikan dah.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kalian peroleh saat melakukan olahraga zumba dance ini gengs. Lakukan gerakan ini secara rutin yak, supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba gengs yakk.

Membantu diet (forum.detik.com)