Gak Tidur Seharian Sebabkan 5 Masalah Ini, Simak Sekarang, Terus Tidur Deh~

Gak tidur seharian tuh bisa menyebabkan masalah-masalah ini. Simak ulasannya sekarang, terus segera tidur ya.

Namanya juga makhluk hidup, kita ya butuh istirahat lah. Kita butuh tidur untuk mengistirahatkan tubuh kita dari berbagai aktivitas yang telah dijalani seharian.

Tapi di dunia ini, ada aja orang yang gak bisa tidur. Ada lho orang yang terdampak gangguan tidur, sampe-sampe jam tidurnya sedikit banget dan itulah yang menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Sebuah studi yang dilakukan American Academy of Sleep Medicine (AASM) menyatakan bahwa kurang tidur bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan masalah berpikir, dan menurunkan gairah seks kita.

Beberapa risiko kesehatan lainnya juga bisa muncul tuh. Mulai dari risiko kanker, diabetes, hingga penyakit lainnya. Nah, dari temuan-temuan itu, kira-kira apa yang terjadi ya kalo seseorang gak tidur seharian?

Dikutip dari Healthline.com, gak tidur seharian tuh bisa sebabkan beberapa masalah ini. Sekarang simak ulasannya, kalo udah segera tidur ya gengs! Seriyus nih!

Stres gak sih gak tidur seharian tuh? (sitnsleep.com)

1. Gak bisa mikir (dengan baik)

Begitu seseorang gak tidur seharian, orang itu akan merasakan beberapa masalah kognisi. Terutama tentang aktivitas berpikir. 

Sebuah penelitian dilakukan oleh Experimental Brain Research. Sekelompok pria diberi tugas untuk dikerjakan hingga selesai. Tugas pertama dikerjakan setelah tidur semalaman. Dan tugas kedua dikerjakan setelah tidur semalaman.

Hasilnya, fungsi otak untuk memori, pengambilan keputusan, penalaran, dan pemecahan masalah akan memburuk. Selain itu, fungsi untuk bereaksi dan waspada juga ikut menurun karena tidak tidur semalaman.

Jadi gak bisa mikir dengan baik gengs (pixabay.com)

2. Jadi gampang lupa

Gak tidur seharian juga membuat kita jadi gampang lupa banyak hal lho. Sementara kalo gak tidur semalaman aja justru malah berdampak pada pembelajaran dan memori dalam otak kita.

Berdasarkan sebuah penelitian, para peneliti menyimpulkan bahwa tidur sangat penting untuk proses konsolidasi hal-hal yang dipelajari manusia dalam otak. 

Jadi, kita tetep perlu istirahat yang pas demi mengunci informasi baru dan memasukkannya ke dalam memori kita. Kalian gak mau kan kalian lupa akan kenangan kalian? Tidur!

Jadi gampang lupa deh~ (shutterstock.com)

3. Masalah pada kulit kita

Sekelompok orang yang berusia 30 hingga 50 tahun dievaluasi berdasarkan kebiasaan tidur mereka melalui sebuah penelitian. Hal itu juga dikaitkan dengan kondisi kulit mereka.

Hasilnya? Studi itu menunjukkan bahwa mereka yang kurang tidur memiliki kerutan halus serta garis-garis halus di wajah. Selain itu, warna kulit jadi gak merata gengs. Bahkan jadi kendor deh.

Orang-orang yang kurang tidur juga cenderung gak puas dengan penampilan mereka daripada mereka yang cukup tidur atau istirahat. Catet baik-baik nih gengs.

Muncul pula masalah kulit (wanita.me)

4. Libido menurun

Ternyata, kurang tidur atau gak tidur seharian berpengaruh besar pada gairah seks orang dewasa. 

Sebuah penelitian telah membuktikan ini. Disebutkan bahwa pria dewasa yang tidak mendapatkan tidur berkualitas selama seminggu aja misalnya, kadar testosteronnya akan menurun.

Tidur lima jam atau kurang dari itu akan mengurangi kadar hormon seks sebanyak 10 hingga 15 persen lho. Lebih jauh, para cowok yang mengikuti penelitian itu juga terganggu suasana hatinya. 

Secara umum, semua itu akan menurun drastis jika semakin sering kita untuk tidak tidur. Apalagi yang berturut-turut gak tidur secara teratur.

Nah loh~ kan repot nih kalo begini (popsci.com)

5. Berat badan akan naik

Sebuah studi dilakukan untuk meneliti hubungan antara tidur dan berat badan. Penelitian itu dilakukan pada 21.468 orang dewasa dengan usia di atas 20 tahun.

Nah, orang-orang yang tidur kurang dari lima jam per hari cenderung bertambah bobot badannya setiap malam selama 3 tahun. Kemudian, menggemuklah mereka.

Hal ini tidaklah terjadi pada mereka yang cukup tidur, atau tidur dengan rentang waktu antara 7 hingga 8 jam.

Udah baca kan artikelnya? Kuy, tidur! Biar sehat badan kita. Coba sebar ke temen-temen kalian yang lagi sibuk sama skripsinya, atau yang hobi begadang deh. Ya.

Berat badannya jadi W-O-W! (floliving.com)