Ini Nih Tipe-Tipe Kepribadian Berdasarkan Hasil Studi Terbaru, Baca Deh ...

Ini nih tipe-tipe kepribadian berdasarkan hasil studi terbaru. Kalian jangan terjebak dengan 'model' lama aja gengs.

Tipe kepribadian setiap orang tuh beda-beda. Secara umum dan sejauh ini, kita mengenal tipe-tipe kepribadian sebagai introvert atau tertutup, ekstrovert, atau terbuka, dan ambivert atau kombinasi dari keduanya.

Sekarang tuh udah beda lagi gengs ternyata. Nah, ada sebuah analisis tipe kepriadian yang percaya bahwa kepribadian seseorang tuh bisa berubah-ubah setiap masa. Bener juga sih, toh setiap orang mengalami perubahan sifat hingga mereka tua nanti.

Berdasarkan studi terbaru, ditemukanlah empat jenis umum kepribadian. Penelitian itu dilakukan di Northwestern University. Para peneliti itu menemukan empat tipe berbeda itu lewat kuis online yang diikuti orang-orang yang tersebar di seluruh dunia.

Data-data yang mereka terima kemudian diterapkan pada Big Five Basic Personality Traits. Ciri-cirinya adalah kesesuaian, keterbukaan, kesadaran, neurotisisme, dan ekstraversi.

Buat para psikolog, The Big Five ini merupakan tipe kepribadian manusia paling kontemporer untuk mewakili "basic dimensions of personality".

Nah, biar kalian tau nih, sebagaimana dilansir IDNTimes, simak deh tipe-tipe kepribadian berdasarkan hasil studi terbaru. Beda banget sama "model" lama. Simak deh ....

Kalo pada kumpul begini, keliatan kok kalian kayak gimana~ (plentifun.com)

1. Average

Tipe average atau setara adalah kategori yang paling umum gengs. Dalam ciri-ciri The Big Five tadi, orang-orang yang masuk dalam kategori 'average' ini memiliki skor tinggi dalam ekstraversi dan neurotisisme. 

Mereka adalah orang yang cenderung rendah dalam keterbukaan. Hah? Ya, maksudnya mereka tuh orang-orang yang tertutup gengs. Berdasarkan studi itu, perempuan lebih mungkin memiliki tipe ini ketimbang laki-laki.

Tipe average alias setara~ (themodernman.com)

2. Self-centered

Kalo tipe kepribadian yang kedua ini adalah mereka-mereka yang "berpusat pada diri mereka sendiri". Hmm. Mereka memiliki skor tertinggi pada ekstraversi. Tapi ... mereka lemah dalam kesadaran, keterbukaan, dan keramahan.

Tipe ini, menurut penelitian itu, sebagian besar dimiliki para remaja laki-laki. Kabar baiknya, kepribadian ini bersifat sementara. Soalnya, studi itu menemukan kalo jumlah orang yang memiliki kepribadian ini semakin berkurang seiring bertambahnya usia mereka.

Yang self-centered yang mana hayo? (es.upost.info)

3. Reserved

Tipe yang ketiga dalam penelitian itu adalah reserved alias pendiam. Orang-orang dengan tipe kepribadian ini adalah mereka yang stabil secara emosional.

Mereka adalah orang-orang yang memiliki kepribadian gak terlalu secara neurotis atau terbuka. Tapi ... mereka tuh rendah dalam penilaian ekstraversinya. 

Dalam kehidupan nyata, orang-orang dengan tipe kepribadian ini biasanya teliti dan menyenangkan gengs.

Kalem gitu orang-orangnya (pixabay.com)

4. Role models

Tipe kepribadian keempat, yang terakhir nih, adalah tipe role models. Hmm, dari penyebutannya aja dia udah pasti digandrungi banyak orang. Yak, betul, mereka adalah 'panutan'.

Orang yang memiliki tipe kepribadian ini adalah orang yang paling didambakan banyak orang. Mereka adalah yang paling utama dalam karakteristik The Big Five tadi. Kecuali neurotisismenya.

Mereka yang termasuk dalam kepribadian ini berpotensi besar menjadi pemimpin yang andal dan punya segudang ide-ide segar. Dan ternyata, kepribadian ini biasanya dimiliki oleh kebanyakan perempuan daripada laki-laki.

Meski empat tipe utama kepribadian ini telah ditemukan, keempat tipe kepribadian ini gak berlaku untuk semua orang. Biar kalian gak penasaran, coba aja ikutin tes kepribadian versi Big Five. Lihat hasilnya. Kalo udah, cocokin deh sama empat tipe kepribadian di atas.

Ya, barangkali kalian adalah "panutanque" (inverse.com)