Ini Lho Efek Jika Kalian Sering Mandi Pada Malam Hari, Gak Sehat Gengs

Ternyata mandi pada malam hari itu, memicu datangnya berbagai penyakit pada tubuh kita lho. Apa aja?

Mungkin mandi pada malam hari menjadi kebiasaan bagi seseorang yang memiliki aktivitas di luar hingga larut malam.

Setelah beraktivitas dari pagi hingga malam, tentu saja akan membuat seseorang itu ingin membersihkan badan, supaya badan enggak terasa gerah dan lengket agar dapat tidur nyenyak.

Karena untuk mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak itu, biasanya seseorang nekad mandi pada malam hari. Padahal hal itu merupakan hal yang berbahaya bagi kesehatannya tanpa ia sadari.

Biasanya orang tua sering melarang untuk mandi malam, mengingat efeknya sangat berbahaya bagi tubuh. Memang sih ada menfaat baiknya, akan tetapi berubah menjadi momok yang buruk saat kalian lalai dan mengabaikan beberapa faktor penting.

Inilah beragam penyakit yang timbul saat kalian mandi pada malam hari:

Mandi malam hari (tribunnews.com)

1. Menyebabkan penuaan dini

Tahukah kamu, ternyata melakukan mandi pada malam hari itu dapat menyebabkan penuaan dini lho. Sebagian orang mengatakan bahwa tubuh yang tidak kuat menerima rangsangan air dingin ini saat mandi pada malam hari, akan menghasilkan peningkatan metabolisme. Untuk itu tubuh membutuhkan pasokan kalori dan oksigen yang cukup tinggi untuk menstabilkannya.

2. Menyebabkan paru-paru basah

Ternyata mandi malam hari menyebabkan paru-paru basah ini tidak benar, sebab paru-paru basah ini disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Nah, yang ada saat kalian mandi malam akan mengalami batuk berdahak, kesulitan bernafas hingga tubuh menggigil, namun orang terdahulu menyebutnya gejala tersebut merupakan paru-paru basah.

Penuaan dini (tribunnews.com)

3. Menyebabkan rematik

Penyebab rematik sebenarnya belum begitu jelas, namun menurut beberapa ahli kesehatan, penyakit ini biasanya disebabkan oleh kelainan genetik yang menyerang orang-orang produktif. Orang yang terkena penyakit ini, biasanya akan merasakan sakit pada daerah-daerah persendian.

4. Menyebabkan pilek

Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk tubuh beristirahat, mandi malam hari akan menyebabkan tubuh masuk angin, terasa panas hingga pilek. Terlebih jika suhu tubuh kalian saat mandi masih tinggi dan tersa panas.

Rematik (tribunnews.com)

5. Menyebabkan asam urat

Mandi malam akan memicu serangan gout. Penyakit ini terjadi karena konsumsi zat purin yang besar dalam tubuh kita, sehingga kadar asam urat dalam tubuh akan meningkat.

6. Menyebabkan demam

Seperti yang sudah disebutkan tadi, mandi pada malam hari dapat menyebabkan tubuh terasa panas. Hal ini dikarenakan pori-pori tubuh dan panas tubuh akan mulai naik di malam hari, kalian harus menghindarinya yak. Saat tubuh kita panas dan kemudian disiram dengan air dingin, maka pori-pori yang terbuka ini akan membuat tubuh kita terasa dan panas dan dingin seperti demam.

Nah itulah berbagai jenis penyakit berbahaya yang dapat terkena bagi siapa saja orang yang mandi pada malam hari gengs. Maka dari itu hindarilah mandi pada malam hari yak. Semoga bermanfaat.

Asam urat (viva.co.id/)