Deretan Musisi yang Gak Pernah Menang Grammy Awards, Padahal Sering Masuk Nominasi

Ini dia deretan musisi Amerika Serikat yang berulang kali raih nominasi di Grammy Awards. Tapi sayang, mereka gak pernah menang gengs.

Grammy Awards merupakan salah satu ajang penghargaan musik bergengsi di dunia musik. Ajang itu mengumumkan beberapa nama dari berbagai genre musik dan musisi dari berbagai negara. Tapi, yang menang ya jelas cuma satu lah.

Hingga gelaran Grammy yang ke-61 tahun ini, ada sejumlah musisi yang beken lewat lagu-lagunya atau video musik yang bikin gempar. Mereka berulang kali tercatat masuk ke dalam daftar nominasi tersebut. Belasan kali pula! 

Tapi sayang, gak menang. Gak pernah menang sekalipun. Tapi mereka profesional, mereka tetap berkarya kok. Nama-nama mereka juga gak begitu aja tenggelam kok karena mereka masih mencetak lagu-lagu hits.

Dikutip dari IDNTimes, ini dia deretan musisi yang gak pernah menang Grammy Awards, padahal sering banget masuk nominasi. Simak kuiy!

1. Snoop Dogg

Rapper kondang Snoop Dogg adalah musisi diurutan pertama yang udah tercatat masuk ke dalam nominasi Grammy Awards ... tapi gak pernah menang satu pun. Dia tercatat telah masuk ke dalam 17 nominasi gengs! 17!

Dia udah berulang kali masuk nominasi 'Album of the Year'. Masuk nominasi 'Best Rap Song' udah lima kali, 'Best Reggae Album' juga pernah. Cuma mau gimana lagi? 

Dia adalah orang yang paling deg-degan sejak 1994 hingga 2016 lalu setiap pengumuman penghargaan akan diumumkan. Tapi setelah itu doi lega karena ternyata ... gak menang

Snoop Dogg (fanworld.co)

2. Brian McKnight

Rekor musisi yang paling banyak tercatat masuk nominasi Grammy Awards tapi gak menang dicatat juga oleh Brian McKnight. Paman Brian yang udah berkarier di dan untuk dunia musik sejak tahun 1998 ini telah mencetak 13 album lho.

Dia sering merajai tangga lagu dengan tingkat penjualan yang tinggi. Lagu-lagunya sendiri mengusung genre RnB. Tapi sayang ... paman Brian McKnight belum pernah keluar sebagai pemenang meski telah masuk ke dalam 16 kali nominasi Grammy gengs.

Mungkin gak sekarang, dia masih harus bekerja keras lagi kayaknya.

Brian McKnight (thisisinsider.com)

3. Joe Satriani

Gitaris berkepala plontos dan selalu berkacamata hitam ini berada di peringkat ketiga sebagai musisi besar yang belom pernah menang Grammy Awards gengs. Dia tercatat udah masuk ke 15 nominasi sepanjang seperempat abad bermusik.

Konsistensinya dalam bermusik patutlah diacungi jempol. Tapi pertanyaan besarnya: kenapa ya sampe sekarang gitaris legendaris Joe Satriani masih belum pernah meraih penghargaan Grammy Awards?

Joe Satriani (geargods.net)

4. Bjork

Penyanyi bersuara unik dengan penampilan super-nyentrik ini berasal dari Islandia. Dia adalah musisi perempuan pertama yang namanya berulang kali pula masuk ke beberapa nominasi di Grammy Awards.

Dia sering masuk nominasi 'Best Alternative Music Album', cuma ya gitu ... tante Bjork belum pernah menyabet piala Grammy gengs. 

Padahal, di ajang penghargaan lainnya, Bjork telah meraih 21 penghargaan Icelandic Music, BRIT Awards, MTV Awards, hingga artis terbaik dari Cannes Film Festival 2002 lalu.

Bjork (bjork.fr)

5. Katy Perry

Musisi perempuan kedua yang berulang kali masuk nominasi Grammy Awards tapi gak pernah menang ya Katy Perry. Mbak Katy yang hits dengan single "Teenage Dream" dan "Last Friday Night" itu belum pernah menang Grammy sama sekali.

Dia udah 13 kali tercatat masuk nominasi, keberuntungan belum berpihak padanya. Padahal, gak ada yang sangsi lagi ya kalo namanya udah besar banget dalam industri musik. Hmmm~

Katy Perry (inquirer.net)

6. Diana Ross

Nah, kalo tante Diana Ross adalah seorang diva yang udah berkiprah di dunia musik sejak 1959 gengs! Dia diva internasional yang terkenal banget, tapi ... belom pernah meraih penghargaan Grammy juga gengs.

Sejauh kariernya di dunia musik, tante Diana telah masuk ke 12 nominasi Grammy. Tapi di balik itu, tante Diana pernah dianugerahi 'Lifetime Achievement Awards' pada 2012 lalu. Penghargaan Grammy bukan levelnya dia kali ya~

Diana Ross (grammy.com)

7. Busta Rhymes

Namanya dikenal sebagai rapper Amerika Serikat. Namanya juga pernah tercatat masuk ke dalam nominasi untuk kategori 'Best Rap Solo Performance' empat tahun berturut-turut pada akhir dekade 1990-an.

Tapi apa? Ya, dia belum pernah menang sekalipun untuk nominasi yang telah mencatatkan namanya. Busta Rhymes udah masuk ke dalam 11 nominasi dan belum pernah menang jugak!

Dia tersisihkan oleh Will Smith dua kali, dan sekali oleh Chris Brown dan Lil' Wayne. Duh, sabar ya bang~

Busta Rhymes (hiphopdx.com)

8. Nas

Seperti Busta Rhymes, nama Nas juga pernah masuk ke 11 nominasi di Grammy gengs. Tapi, pemilik nama asli Nasir bin Olu Dara Jones itu selalu dijagokan setiap kali akan pengumuman nominasi lagu rap, album terbaik, maupun lagu terbaik.

Tapi ya gitu deh ... dia gak pernah menang dan selalulah menjadi nominator aja gengs.

Nas (nme.com)

9. Nicki Minaj

Nick Minaj juga nih, penyanyi yang beken lewat single "Superbass" itu juga berulangkali masuk ke dalam nominasi Grammy Awards. Cuma ya, dia belum cukup beruntung juga untuk memboyong pulang pialanya.

Penyanyi yang pernah jadi juri American Idol ini udah berhasil meraih penjualan hingga jutaan keping. Belum lagi unduhan lagunya dengan nilai yang fantastis di platform musik online.

Dia pun tercatat udah masuk 10 kali nominasi Grammy tanpa berhasil meraih satu di antaranya. Mungkin belom sekarang kali ya. Toh, dia tetep berkarya kok.

Jadi, kira-kira intinya, kita bisa belajar banyak dari musisi-musisi besar di atas. Mereka udah tercatat masuk nominasi di Grammy Awards. Cuma ya belom pernah meraih barang satu aja penghargaannya.

Yang pasti, mereka tetep berkarya kok sampe sekarang. Mungkin penghargaan sekelas Grammy gak level ya buat mereka. Hehehe.

Nicki Minaj (variety.com)