Muntah Darah Saat Hamil, Bahaya Gak Sih?

Kalau kamu muntah darah saat hamil, apa yang akan kamu lakukan?

Gak jarang kok saat sedang hamil banyak wanita yang kerap mengalami mual dan muntah (morning sickness) di trimester awal kehamilan.

Bahkan, beberapa di antaranya mengalami muntah yang gak biasa banget, sampai-sampai mengeluarkan darah saat masa itu. Waduh! Bahaya gak tuh?

Kenapa sih ibu hamil bisa mengalami muntah darah saat hamil muda?

Sebenarnya, muntah darah saat kehamilan biasa disebut hematemesis, yaitu kondisi yang terbilang sering terjadi di masa awal-awal kehamilan. 

Jadi gak cuma makanan aja, bisa juga darah yang berwarna cokelat gelap atau agak kehitaman. Kalau dilihat sekilas, muntahan ini mirip seperti bubuk kopi gengs.

Tapi kadang, warna darahnya dari muntahan itu bisa beda gengs, tergantung dari penyebabnya. Kalau disebabkan luka dari kerongkongan (esofagus), darah biasanya akan berwarna merah segar. 

Morning sickness(thepanicchannel.com)

Lain lagi kalau berasal dari luka dari saluran pencernaan, warnanya bisa lebih gelap sampai warna kecokelatan.

Darah yang keluar sendiri atau bersamaan dengan makanan dalam muntahan biasanya disebabkan dari robeknya lapisan kerongkongan. 

Kenapa kok bisa robek? Hal itu dikarenakan terlalu sering muntah, atau dorongan muntah yang terlalu kuat, akhirnya bisa melukai lapisan kerongkongan kita.

Penyebab lainya yang menyebabkan muntah darah saat kehamilan yaitu, adanya peradangan di lapisan saluran pencernaan akibat infeksi bakteri Heliobacter pylori.

Infeksi disebabkan karena luka pada lambung sehingga bikin pendarahan. Apabila sang ibu hamil muntah, maka darah yang cenderung cokelat tersebut juga akan ikut keluar.

Tapi bisa juga karena sebab dari efek samping mengkonsumsi obat pereda nyeri. Obat-obatnya seperti, ibuprofen, aspirin, dan naproxen yang dapat memicu terjadinya iritasi di daerah saluran pencernaan, terutama ya ... bagian lambung gengs.

Terlalu sering muntah bisa mengakibatkan luka ppada tenggorokan (merdeka.com)

Jadi, normal gak sih mengalami kondisi itu?

Walau muntah-muntah di awal kehamilan tergolong wajar, tapi gak bisa diremehkan juga saat muntah darah saat hamil. 

Berarti ada yang gak beres dengan organ di dalam tubuh ibu hamil gengs, jadi jangan ragu deh untuk konsultasikan kepada Dokter.

Kenapa Dokter? Ya karena merekalah yang paham akan kesehatan, jangan sampai terjadi yang tidak-tidak kan? Lebih baik mencegah deh daripada mengobati.

Jadi bumil ... Sekarang sudah tau kan beberapa penyebab dan langkah apa yang harus dilakukan bila itu terjadi? 

Muntah darah saat hamil apakah normal?(Liputan6.com)