Sederhana Banget! 5 Cara Mudah Menghilangkan Bintik Hitam di Kaki, Mau Coba?

Bintik hitam di kaki bikin mati langkah saat ingin mengenakan dress. Mau coba 5 cara mudah menghilangkan masalah tersebut? Yuk.

Bintik hitam di kaki sering ganggu. Pertama, jadi nggak pede kalo memakai pakaian dress pendek. Kedua, kaki nggak terlihat indah karena masalah tersebut. Tenang, kamu nggak sendiri. Punya kai yang mulus nggak semudah yang digambarkan secara ideal. Memilih langkah dengan mencukur, kadang menimbulkan masalah baru. Seperti tersumbatnya pori-pori, rambut tumbuh ke dalam atau terluka oleh alat cukur. Jadi, ada 5 cara mudah menghilangkan bintik hitam di kaki. Simak dan coba, efeknya bakalan mulus kok. 

Bintik hitam pada kaki umumnya disebabkan pori-pori menghitam, folikel rambut yang terjebak, komedo, atau tumpukan kulit mati, bakteri dan minyak. Tiga hal yang menyebabkan munculnya bintik hitam di kaki, antara lain sebagai berikut.

1. Pori-pori melebar, ini terjadi karena banyaknya produksi minyak atau sebum yang menyumbat pori-pori. Menyebabkan kulit mati dan bakteri terjebak di dalamnya sehingga warnanya tampak lebih gelap.

2. Folikulitis, hal tersebut disebabkan iritasi folikel yang dipicu karena setelah mencukur rambut tumbuh ke dalam. Folikel sulit menembus kulit setelah dicukur. Jadi mencukur rambut kaki bisa menyebabkan penyumbatan, ujung-ujungnya kulit memerah, tumbuh bintik-bintik, iritaso dan pori-pori gelap.

3. Keratosis pilaris, ini dikenal dengan 'kulit ayam' yang terjadi ketika kulit memproduksi terlalu banyak keratin dan menghambat folikel rambut.

Kaki mulus (shavetalks.com)

Tiga penyebab diatas bisa diatasi dengan melakukan 5 cara mudah menghilangkan bintik hitam di kaki. 

Langkah 1 dengan melakukan eksfoliasi secara reguler. Eksfoliasi bisa menghilangkan lapisan kulit mati yang menekan rambut, efeknya sih rambut nggak tumbuh di dalam kulit hingga menyebabkan kulit bintik hitam. Untuk eksfoliasi, kamu bisa membuat body scrub sendiri. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut.

2 sendok teh garam atau gula

1 sendok teh minyak kelapa

1/2 sendok teh bubuk kunyit

1 sendok teh gel lidah buaya

Air perasa lemon, bisa didapat dari setengah buah lemon

Bintik hitam di kaki atau strawberry legs (wildaboutbeauty.com)

Campurkan bahan-bahnnya hingga menjadi pasta. Pakai buat eksfoliasi di area yang berbintik hitam. Cara memakainya dengan dipijat melingkar selama 2 hingga 3 menit. Sebelum scrubing rendam dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Kemudian setelah eksfoliasi cuci dengan air dingin. Terakhir, oleskan toner agar pH kulit kembali normal.

Langkah 2 beri pelembab secara teratur agar kulit tetap sehat. Memberi cream moisturizer bisa mengurangi resiko iritasi khususnya saat cuaca ekstrim. Misalnya saat cuaca dingin banget atau terik. 

Langkah 3 memijat area yang berbintik hitam dengan aloe vera atau gel lidah buaya. Lidah buaya bermanfaat untuk memerangi bakteri dan jamur yang bisa bikin folikulitis, blackheads, pori-pori menghitam atau disebut 'strawberry legs'. Kamu cukup menyiapkan lidah buaya, ambil gelnya dan haluskan. Aplikasikan pada area tubuh yang berbintik hitam. Pijat perlahan selama 5 menit. Langkah ini nggak perlu dibilas, kamu bisa membersihkannya saat mandi.

Eksfoliasi kaki (lionesse.us)

Langkah 4 sering-sering ganti showerpuff. Showerpuff yang bersih bisa membantu mengangkat sel kulit mati pada kulit. Tetapi kalo nggak diganti secara reguler bisa menjadi sarang jamur, bakteri dan kuman. 

Langkah 5 biar kulit rileks kamu bisa luluran dengan buttermilk homemade. Cara membuatnya cukup campurkan buttermilk powder dengan garam Epsom. Jika ingin aroma harum, campurkan chamomile oil atau lavender. Caranya seperti langkah pertama, dengan memakaikan pada area yang berbintik atau ke seluruh tubuh. Pijat melingkar selama 3 hingga 5 menit. 

Gel lidah buaya (momjunction.com)

Langkah-langkah diatas bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa menghabiskan waktu 'me time' dengan melakukannya. Tertarik mencoba? Share hasilnya dan caramu dalam mengatasi kulit berbintik hitam ya, Girls!

Kaki mulus kembali (londonglossy.com)