Ini Dia Tips Ngobrol Biar Kita Gampang Disukai Orang, Coba Deh ...

Coba deh tips ngobrol berikut ini biar kita gampang disukai banyak orang. Gak canggung gitu pas ketemu orang lain dan buka obrolan.

Pernah gak sih kalian ngerasa canggung atau awkward gitu pas memulai percakapan dengan orang yang baru kenal? Pernah lah ya pasti. Karena di sepanjang pertemuan itu, mungkin kalian hanya bahas sedikit hal dan dilanjutkan dengan diem-dieman aja sampe pada bubar.

Itu wajar terjadi karena kalian baru aja kenalan dan kalian gak tau apa yang harus ditanyakan atau diobrolin gitu.

Di samping itu, emang gak gampang melontarkan sebuah pertanyaan kepada orang yang baru dikenal itu. Nanya emang tinggal nanyain aja, tapi kan gak enak kalo misalnya dia agak gimanaaa gituuu. 

Gak enaknya kalo kita nyoba biasa aja, ternyata obrolan itu sifatnya sensitif buat dia. Nah, kalo kalian dalam situasi yang kayak begini, kalem. Jangan keringet dingin.

Dikutip dari IDNTimes, ini dia tips ngobrol biar kita gampang disukai orang. Coba deh.

Ngobrol pas pertemuan pertama tuh susah (bcpcolombia.com)

1. Bahas lingkungan sekitar

Keliatannya klise emang, tapi ini efektif lho. Ya, cobalah untuk membahas lingkungan di sekitar tempat pertemuan kalian itu.

Kuncinya, kalian cuma perlu lebih jeli terhadap detail-detail yang ada di sekitar kalian. Kalo lawan bicara lagi baca buku, coba tanyain bukunya atau yang berkaitan dengan buku itu.

Kalian juga bisa bicarakan soal cuaca atau kejadian apa yang jadi topik hangat obrolan banyak orang akhir-akhir ini.

Mulai deh dengan membahas lingkungan sekitar kalian (shutterstock.com)

2. Bikin nyaman dulu dong

Demi menghindari situasi awkward dalam pertemuan pertama, kalian coba deh untuk tanyakan asal dia dari mana. Dengan menanyakan itu, dia akan memikirkan ulang tempat asalnya, orang tuanya, keluarganya, atau banyak momen berkesan yang dia alami.

Kalian juga bisa tanyakan budaya, kebiasaan, atau apa pun dari daerah asalnya. Syukur-syukur kalo kalian berasal dari daerah yang sama.

Kalem gengs, ini adalah topik universal yang aman dan sopan kok.

Bikin nyaman temen ngobrol dulu (spunout.ie)

3. Coba perhatikan hal-hal kecil

Coba deh tanyakan kepada lawan bicara kalian tentang hal-hal kecil yang sering diabaikan dan gak banyak dibahas. Ya, pertanyaan-pertanyaan yang mampu membangkitkan perasaan positif gitu lah.

Ini bisa jadi nilai plus karena itu menunjukkan rasa perhatian kalian pada mereka. Kalian bisa tanyakan tentang apa yang membuatnya semangat dan bahagia.

Nah, pertanyaan-pertanyaan begitu tuh yang menunjukkan bahwa kalian tertarik atau punya minat tulus pada kehidupan orang lain. Pertanyaan-pertanyaan kalian juga akan memberikan getaran positif kepada lawan bicara dan mereka akan nyaman.

Perhatikan hal-hal kecil deh, itu baik (shutterstock.com)

4. Pertanyaan pribadi, nanti dulu dong!

Jika interaksi di antara kalian lancar sejak dari pembukaan tadi, mungkin kalian bisa melanjutkan obrolan ke dalam kehidupan pribadi gitu.

Tapi inget, kalem gengs. Jangan buru-buru menanyakan pertanyaan pribadi kepada lawan bicara kalian. Pokoknya, jaga arah obrolan kalian agar tetap santai, ringan, dan sederhana.

Gunakan beberapa pertanyaan terbuka. Itu akan memancing tanggapan dari orang lain. Kita jadi tau dan sama-sama tau deh.

Hindari pertanyaan pribadi, santai aja lah (shutterstock.com)

5. Jangan lupa selipkan humor

Biar tambah betah ngobrol sama kalian, humor atau candaan wajib ada dalam obrolan itu. Lawakan receh sampe lawak yang bikin mikir oke lah dijadikan referensi. Ya, asal mereka udah nyaman dengan obrolan.

Lawakan, guyonan, humor, candaan itu bakal membuat mood lawan bicara jadi baik. Apalagi kalo mereka bisa tertawa lepas. kalian tau kan kalo humor yang bisa menyatukan orang banyak?

Yang perlu diinget, kalian jangan sampe melemparkan humor yang gak menyinggung pihak manapun. SARA misalnya. Jangan juga yang ambigu atau kasar, malah awkward lagi nanti jadinya.

Biar lebih cair aja obrolannya (rebelhippiesoul.com)

6. Coba obrolin pop culture deh

Pop culture tuh udah jadi topik yang gak bisa dilewatin lagi jaman sekarang. Mulai dari musik, penyanyinya, film, media sosial, hobi, fesyen, macem-macem deh. Banyak banget.

Yang perlu diinget nih, coba untuk menahan diri membicarakan politik atau hal-hal yang "berat". Kalo kalian bicarakan hal itu ternyata salah satu dari kalian keberatan malah ribet akhirnya.

Obrolan tentang hobi dan pop culture oke tuh (verywellmind.com)

7. Coba minta bantuan kecil dari mereka

Ada sebuah tips psikologi praktis yang perlu kalian kuasai: orang-orang akan senang bila meresa penting atau dibutuhkan. Kebanyakan orang gak akan mampu menolak permintaan baik bahkan yang sepele sekalipun.

CATET!

Minta bantuan sekecil apa pun kepada orang yang baru kalian kenal dalam interaksi itu akan membuat orang itu merasa berada dalam posisi yang dominan.

Coba aja minta ke dia: "bro/sist, pinjem pulpen sebentar dong." Mereka gak akan nolak dan justru merasa jadi penting deh buat kalian.

Udah, coba aja. Kalo belom berhasil, coba lagi! Gitu terus. Nanti kalian yang akan menemukan sendiri kok kalo kalian disukai banyak orang, gak cuma ke calon gebetan doang loh.

Minta deh bantuan kecil pas lagi ngobrol (aconsciousrethink.com)