Ketahuilah Penyebab Kepala Pusing Usai Melakukan Olahraga

Hal ini lho yang dapat menyebabkan rasa pusing setelah melakukan olahraga. Waspada yak gengs.

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang dikenal memiliki beragam manfaat yang menyehatkan bagi tubuh. Meski demikian, aktivitas olahraga ternyata juga memiliki sisi buruk yang wajib kalian hindari lhoo.

Bener sih, salah satu tujuan dari melakukan aktivitas olahraga yakni supaya tubuh bertambah bugar dan juga sehat. Akan tetapi, jika kalian melakukannya dengan cara yang salah, olahraga justru akan membuat kalian pusing lho gengs.

Biasanya kalian akan merasakan pusing sesaat setelah melakukan olahraga berat atau olahraga dengan intensitas yang tinggi. Hal tersebut terjadi saat kalian mengerahkan kekuatan tubuh secara berlebihan waktu berolahraga, nah itulah yang menyebabkan jantung akan bekerja terlalu keras, sehingga suplai darah yang melaju ke otak pun menjadi berkurang.

Suplai darah ke otak yang berkurang inilah yang menyebabkan rasa pusing datang, bukan dapet sehat kalo gini mah ceritanya, malah dapat sakit dah.

Meski demikian, untuk menghindari rasa pusing pada kepala datang usai melakukan olahraga. Berikut penyebab rasa pusing usai berolahraga yang harus kalian hindari.

Olahraga (kumpulan-olahraga.blogspot.com)

1. Dehidrasi

Ternyata saat tubuh mengalami kekurangan cairan atau yang biasa disebut dehidrasi ini bisa menjadi penyebab mengalami rasa pusing setelah melakukan olahraga lho.

Karena orang yang berkeringat saat melakukan olahraga itu membutuhkan cairan dalam tubuh yang lebih banyak. Itu artinya kalian jangan sampai telat untuk selalu minum air saat melakukan olahraga.

Sebaiknya perbanyaklah minum air putih dan selalu perhatikan asupan cairan yang masuk dalam tubuh ketika hendak melakukan olahraga yakk.

2. Gula Darah Menurun Drastis

Mengalami pusing kepala usai melakukan olahraga bisa jadi sebuah tanda bahwa kadar gula darah sedang turun gengs. Mungkin tanda lainnya yang bisa kalian alami selain rasa pusing yakni timbulnya keringat dingin, badan terasa lemas, hingga gemetar.

Nah, hal yang perlu kalian ketahui untuk mencegah hal ini yaitu sebelum melakukan olahraga sebaiknya makan yak, jangan sampai perut dalam keadaan kosong. Sebab saat melakukan olahraga dalam keadaan perut kosong hal inilah bisa menjadi salah satu penyebab penurunan kadar gula darah tiba-tiba.

Maka dari itu, untuk mengontrol gula darah agar tetap stabil, makanlah makanan yang mengandung karbohidrat dan protein sebelum olahraga yak, misalnya makan makanan seperti sereal, daging sapi, nasi, telur dan sebagainya.

3. Tekanan Darah Rendah

Dan yang terakhir merupakan tekanan darah rendah. Saat melakukan olahraga, otomatis jantung akan memompa darah lebih banyak ke pembuluh darah. Karena proses kerja jantung menjadi lebih keras, akibatnya pembuluh darah melebar untuk menampung kelebihan darah.

Berhenti olahraga secara mendadak akan membuat kerja jantung berangsur normal, namun pembuluh darah pastinya membutuhkan waktu untuk menyesuaikannya. Hal itu lah yang menyebabkan penurunan tekanan darah yang menyebabkan kepala merasa pusing dan lemas.

Hindari dehidrasi (portal-gallery.com)

Nah, itulah penyebab rasa pusing setelah melakukan olahraga yang biasa terjadi gengs. Maka dari itu, hindari penyakit tersebut datang yak, dengan cara yang sudah disebutkan diatas tadi. Semoga bermanfaat.

Hindari penyebab rasa pusing usai olahraga (klikdokter.com)