Mitos Tidur Setelah Makan Bikin Gendut Patah Sudah Berkat Penelitian Terbaru

Sebuah penelitian mengungkap temuan baru gengs. Tidur habis makan ternyata gak bikin kita gemuk atau gendut lho gengs.

Selama ini kita tau, atau mungkin sering diingatkan, jangan langsung tidur setelah makan. Nanti ... nanti gendut loh! Ada juga yang bilang, kita perlu ngasih jarak waktu antara waktu makan dan waktu tidur. Kira-kira dua jam lah.

Hmm, peringatan itu emang baik sih gengs. Mending kita mengerjakan sesuatu lah gitu ketimbang langsung tidur setelah makan.

Tapi baru-baru ini ada sebuah temuan menarik dari hasil penelitian terbaru. Penelitian itu menyebutkan bahwa sebenernya kita gak perlu ambil jarak waktu untuk tidur setelah kita makan. Makan malam misalnya. 

W-O-W!

Penelitian itu mengungkap, sebagaimana dilansir dari Her, kebiasaan tidur setelah makan malam sebetulnya gak banyak berpengaruh terhadap kesehatan kita.

Penelitian itu dikerjakan di Universitas Okayama, Jepang. Mitos tidur setelah makan bikin gendut patah sudah! Jadi, tidur setelah makan malam ternyata tidak memicu peningkatan kadar gula darah, alias HbA1c.

Rawan banget tidur nih posisi kek begini~ (istockphoto.com)

Demi membuktikannya, penelitian itu merekrut sekitar 1.500-an orang dalam usia paruh baya yang tidak memiliki masalah kesehatan. Para peneliti kemudian melihat pola makan orang-orang tersebut dalam periode dua tahun.

Mereka memperhatikan berat badan, kecepatan makan, hingga kegiatan fisik yang partisipan lakukan. Termasuk memperhatikan pula bahwa mereka merokok atau tidak.

Semua partisipan dalam penlitian tersebut juga tidur kurang dari dua jam setelah makan. Setelah melihat hasilnya, peneliti menemukan bahwa hampir tidak ada, atau setidaknya hanya sedikit saja perbedaan pada tingkat gula darah.

Yah, ketiduran doi~ (lifealth.com)

Dibanding dengan jarak waktu antara tidur dan makan itu, terdapat hal lain yang ternyata bisa mempengaruhi kadar gula darah. Apa itu? Kebiasaan aktivitas fisik, konsumsi alkohol, hingga tekanan.

Tiga hal tersebut disebut-sebut memiliki efek yang besar pada kadar gula darah kita gengs!

Tidur abis makan lho, bukan makan sambil tiduran(thelibertarianrepublic.com)

"Berlawanan dengan kepercayaan umum, dipastikan bahwa jarak waktu yang singkat antara makan malam dengan jam tidur tidak meningkatkan secara signifikan tingkat HbA1c," ungkap penelitian itu.

Sebaliknya, masih menurut penelitian itu pula, perhatian harus diberikan kepada porsi sehat serta komponen makanan, tidur cukup, dan menghindari rokok, konsumsi alkohol, serta berat badan berlebih.

Beneran tidur dong, huh~ (medicalnewstoday.com)

Mengacu pada penelitian tersebut, beberapa hal yang disebutkan tadi punya variabel pengaruh lebih besar dalam proses metabolisme.

Jadi, meski gak ada hubungan yang ditemukan dari tidur setelah makan, ya kalian jangan langsung tidur juga lah setelah makan. Apalagi makan malam. Kalian harus perhatikan beberapa hal yang justru malah bisa dengan mudah meningkatkan kadar gula darah kita gengs. Oke!

Jadi, gak ada tuh kaitannya sama kesehatan~ (wellandgood.com)