Masih Kangen Mantan? Pahami Cara Berpikir Ini, Ampuh Membuatmu Segera Move On

Masih Kangen Mantan? Pahami Cara Berpikir Ini, Ampuh Membuatmu Segera Move On

Ingatan tak bisa dihapus kecuali mengubah cara berpikir mengenai masa lalu. Tidak ada yang bilang bahwa meninggalkan masa lalu sebagai kesan manis tanpa rasa sedih itu mudah. Mengubah cara berpikir adalah satu dan cara ampuh buat move on. Masih kangen mantan?

Boleh, tidak ada aturan hukum yang melarang seseorang merindukan mantan. Tetapi seberapa dalam rasa sedihmu ketika merindukan mantan akan menentukan kamu sudah move on atau belum. Saat mendengarkan lagu instrumental, gesekan minor senar biola bikin kamu ngilu dan mengingat masa indah berdua, fix kamu belum move on. 

Pernahkan kamu berpikiran tentang dua hal ini, 'membiarkannya pergi' dan 'kamu yang memilih mengusaikan hubungan'? Dua hal ini ternyata punya efek yang sangat besar dalam mempengaruhi cara berpikir seseorang. 

Saat kamu berpikir 'membiarkannya pergi' artinya nggak ada satu pun yang terlupakan. Termasuk sisi emosional yang melibatkan perasaan. Karena manusia punya mekanisme menyimpan ingatan dalam otak, maka nggak bisa melepaskan sesuatu yang telah pergi. Ia tersimpan dalam pikiran dan jiwa yang terdalam. Mantan punya tempat penting dalam ingatan. Sosok mantan merasuk dalam tulang seperti lilin yang nggak dipantik dengan api. Meskipun kamu menginginkan bayangan mantan pergi, tetapi cara berpikir 'membiarkan dia pergi' nggak akan meringankan ingatan dari masa lalu saat bersamanya.

Seseorang bisa move on, bisa menemukan sesuatu yang nggak perlu lagi dipikirkan dan dirasakan. Tetapi nggak bisa mengubah efek yang terjadi dalam dirimu. Ia membekas seperti luka yang nggak pernah kering. 

Cara mengubah pikiran tentang mantan, perlu dilakukan dengan memberi 'judul' baru tentang masa lalu. Jika kamu merasakan patah hati, menyesal dan merasa bodoh karena membiarkan dia pergi, maka segera ubah. 

Duduk merenung (mirror.co.uk)

Berpikir masa lalu sebagai pembelajaran, lahan pengetahuan dan muasal tumbuh lebih dewasa adalah cara ampuh untuk lebih bijak dalam menanggapi rindu mantan. Mengingat mantan memang lebih mudah dibanding move on, begitu nggak? Artinya, kamu harus membangun cara berpikir baru. 

Perasaan sedih dan menderita punya efek yang kuat dalam memaafkan. Tidak memaafkan orang yang melukai artinya tidak memaafkan diri sendiri. Menerima seluruh pengalaman dari masa lalu dan berdamai dengan diri sendiri adalah langkah solutif. 

Merasa jadi orang paling menderita justru membuat seseorang nggak mendapatkan seseorang kekasih baru yang lebih berarti. Demi ingatan yang lebih baik dan perasaan yang berharga, maka dibutuhkan cara berpikir baru. Lahirnya cara berpikir baru akan membuatmu lebih berarti dibanding 'masih kangen mantan'. 

Bayangan sepasang tangan (frenys.com)

Mencari senyum (lifehack.io)