Peneliti Ungkap Temuan Kenapa Perempuan Suka Bergosip

Bergosip umumnya dilakukan oleh para perempuan di seluruh dunia. Tapi kenapa perempuan suka bergosip?

Sejauh ini, kata 'gosip' gak jauh-jauh deh dari perempuan. Ini emang labeling sih, padahal ya gak semuanya begitu ya gengs. Toh, laki-laki juga melakukannya, bukan?

ya, harus diakui kalo perempuan diidentikkan dengan menggosip, bergosip, atau mungkin ngomongin orang. Hal ini berkaitan dengan temuan terbaru yang membuktikan bahwa kaum hawa memiliki kecederungan untuk bergosip atau menggosipkan perempuan lainnya.Toh, kalian-kalian juga yang nanti dijadikan bahan gosip sama orang lain.

Ada tujuannya ternyata. Apa? Penelitian itu menemukan bahwa para perempuan bergosip untuk membuat diri mereka sendiri menjadi lebih baik.

Tania Reynolds, penulis penelitian itu mengatakan bahwa ide gosip umumnya datang dari perempuan yang sering menyebarkan desas-desus tentang perempuan lain. Bravotv.com melansir temuan penelitian ini dan menjelaskan bahwa maksudnya adalah untuk berpose dan mengancam.

Jadi, perempuan tersebut (si biang gosip), seringkali akan berpakaian secara provokatif biar dianggap lebih cantik tuh gengs.

Nah, pada ngegosipin apa nih? (shutterstock.com)

Selain itu, menurut Tania, perempuan yang lebih kompetitif akna lebih sering bergosip. Orang-orang cenderung akan lebih memberikan perhatian pada informasi pribadi yang sifatnya negatif. Soalnya, hal itulah yang akan dijadikan indikasi pembenaran diri sendiri.

Sebaliknya, gosip jarang terjadi di antara kaum adam. Sebab, kaum adam berkompetisi secara lebih terbuka, fisik, dan konfrontatif. Sementara perempuan sejak awal memang merupakan agen yang aktif bersaing untuk mitra sosial dan romantis mereka.

Hayo, ngomongin siapa sih? (psypost.org)

Dalam banyak kasus, banyak perempuan mudah berubah saat mereka bertemu dengan perempuan lain yang dianggap sebagai 'ancaman'. Gosip merupakan hipotesis di antara wanita yang kerap kali bertujuan untuk merusak daya tarik sosial dari rival romantis. Dan ternyata, itulah yang paling mengancam.

Temuan menarik lainnya adalah gak sedikit juga tuh wanita juga menggosipi wanita lain yang sebetulnya mereka sukai. Ini disebut-sebut sebagai pola yang dibuat oleh kaum hawa untuk menyebarkan informasi merusak mengenai teman-temannya sendiri.

Setiap bergosip, beberapa dari mereka kerap 'membingkai' gunjingan tentang perempuan lain dan menambahkan alasan "ikut prihatin". Alasan tersebut sebetulnya juga karena mereka khawatir akan dirinya.

Diem-diem aja ya sist~ (huffingtonpost.com)

Dengan cara itu, mereka tidak akan terlihat dengki atau deretan penyakit hati lainnya. Oleh sebab itu, gosip tuh sebenernya halus loh gengs. Kita mungkin gak sadar bahwa kita sedang bergosip atau menggunjing orang lain.

Nah, jadi itulah kemungkinan terbesar di balik kecenderungan perempuan untuk bergosip. Gosip bukan hal yang baik emang, jadi mending kalian kurang-kurangin deh. 

Padahal ya gak cuma cewek aja, cowok juga kok (theconversation.com)