Ketahuilah Manfaat Daun Kemangi Segar untuk Perawatan Kulit, Cobain Deh~

Ternyata daun kemangi memiliki manfaat yang beragam, salah satunya bermanfaat bagi kulit lhoo.

Rupanya tak hanya dibuat sebagai lalapan yang enak disantap lho gengs. Ternyata daun kemangi segar juga memiliki manfaat yang baik bagi kulit. Salah satunya untuk kulit wajah dan tubuh.

Kenapa bisa demikian? Pasalnya daun kemangi memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi dan antimikroba. Sifat tersebut diyakini ampuh mengatasi permasalahan yang terjadi pada kulit lho gengs.

Berikut beberapa khasiat yang bisa kalian dapatkan dari daun kemangi.

Daun kemangi (tribunnews.com)

1. Mencegah Jerawat

Daun kemangi dapat membantu kalian mengatasi masalah jerawat yang timbul di wajah. Hal ini terjadi, karena daun kemangi memiliki jenis minyak esensial, seperti nerol, citral dan linalool. Ketiga jenis minyak tersebut memiliki fungsi antibakteri dan antimikroba yang ampuh melindungi kulit kalian dari bakteri dan kuman yang memicu munculnya jerawat pada wajah kalian.

Kalian bisa melakukannya cukup dengan, menumbuk segenggam daun kemangi dengan peralatan yang higenis, kemudian terapkan pada wajah seperti memakai masker gituu. 

Untuk kalian yang memiliki wajah berminyak, bisa kok dengan menambahi sedikit air perasan lemon. Sementara bagi kalian yang memiliki kulit kering, baiknya tambahkan madu gengs.

Mencegah munculnya jerawat (beautynesia.id)

2. Meringankan penyakit kulit

Kandungan antimiroba dan antibakteri pada daun kemangi ternyata mempunyai fungsi yang efektif untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit lho gengs, seperti halnya panu dan psoriasis. Caranya cukup mudah, balurkan daun kemangi yang masih segar dalam kondisi yang sudah ditumbuk halus ke permukaan kulit kalian yang bermasalah, lalu diamkan hingga kurang lebih setengah jam. Rasakan perubahannya yak, ingat lakukan cara tersebut secara rutin.

3. Mencegah kanker kulit

Tak hanya mencegah jerawat dan meringankan penyakit kulit. Daun kemangi juga dapat membantu mencegah terjadinya kanker kulit lhoo. Kandungan citral dan limonene pada daun kemangi memiliki khasiat antiinflamasi. Tak hanya itu, daun kemangi juga memiliki vitamin K yang tinggi. Konsumsi secara rutin daun kemangi yak, supaya khasiat tersebut benar-benar ampuh.

Mengatasi penyakit kulit (liputan6.com)

4. Mencerahkan kulit kusam

Kandungan Vitamin C pada daun kemangi memiliki manfaat untuk mencerahkan wajah yang kusam akibat sering terpapar sinar matahari. 

Mencuci wajah setiap pagi dengan menggunakan rebusan air kemangi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur dapat mencerahkan kulit yang kusam. Kandungan Vitamin C akan mempercepat proses regenerasi kulit sehingga sel kulit mati yang menempel dapat segera diangkat dan kulit tampak cerah.

Itulah beberapa khasiat daun kemangi dalam rangka merawat kulit pada tubuh kalian gengs. Lalu bagaimana gengs? Tertarik untuk mencobanya? Selamat mencoba yak, semoga hasilnya sempurna.

Kulit kusam (nova.grid.id)