Efek Buruk Pemanis Buatan, Jangan Keseringan Ya

Ini lho efek buruk pemanis buatan, kamu jangan kebanyakan dan keseringan ya, kalau gak mau kena akibatnya.

Kalau dipikir-pikir, ada berapa banyak camilan dan minuman kemasan sih yang kamu makan di setiap harinya? Sadar atau gak, makanan dan minuman itu sebenarnya pakai pemanis buatan lho gengs.

Sama fungsinya seperti gula, pemanis buatan juga punya efek buruk kalau dikonsumsi secara berlebihan, malah lebih buruk jadinya. Bahayanya gimana? Simak deh ulasanya di sini.

Picu darah tingggi

Dengan mengkonsusmsi pemanis buatan secara buatan ternyata bisa mengganggu fungsi jantung untuk memompa darah keseluruh tubuh.

Selain itu bisa berpotensi meningkatkan tekanan darah dan membuat hati membuang lemak menuju aliran darah. Kalau dibiarkan bisa mengalami aterosklerosis atau pengerasan arteri. Ujung-ujungnya bisa kena jantung deh.

Picu darah tingggi (fijitimes.com)

Meningkatkan resiko diabetes tipe 2

Semakin banyak pemanis buatan yang kamu konsumsi setiap harinya, maka akan meningkat juga potensi diabetes tipe 2 mu gengs.

Peranan Insulin sebenarnya untuk meningkatkan energi, tapi kalau berlebihan tubuh akan resistan terhadap insulin, kalau dibiarkan ya diabetes resikonya.

Meningkatkan resiko diabetes tipe 2 (medicalnewstoday.com)

Konsumsi terlalu banyak bikin efek samping

Terlalu banyak mengkonsumsi pemanis buatan ternyata bisa langsung terasa lho gengs. Kamu bisa mengalami sakit kepala, pusing, kembung, mual, sampai diare.

Efek samping ini juga bisa menumpuk dari waktu ke waktu dan menyebabkan penyakit yang lebih serius. Yakin kamu ga peduli?

Konsumsi terlalu banyak bikin efek samping (thelist.com)

Bikin Terus lapar

Mengkonsumsi pemanis buatan secara berlebihan dapat mematikan nafsu makanmu lho gengs. Jika dibiarkan, ya metabolisme tubuh akan terganggu.

Saat itu terjadi produksi hormon insulin kamu terganggu sehingga kamu akan cepat merasa lapar, walau kamu sudah banyak makan.

Bikin Terus lapar (medicalnewstoday.com)

Obesitas

Karena hormon insulin terganggu maka akan membuat diri kita menjadi cepat lapar. Gara-gara kebanyakan mengkonsumsi pemanis buatan doang padahal.

Jadi paham kan apa yang akan terjadi jika kamu mudah lapar dan terus menerum makan. Ya dampaknya kamu akan kelebihan berat badan atau obesitas.

Nah itu bahaya mengkonsumsi pemanis buatan secara berlebihan. Mulai sekarang kalau kamu pengen sehat, ya konsumsi lah secukupnya. Kalau bisa cari alternatif lain, hehe.

Obesitas (continentalhospitals.com)