Bikin Geleng-Geleng, Ini Olahan Urin dan Tinja yang Kelewat Nalar~

Pingin ketawa tapi takut dosa! Ini olahan urin dan tinja yang kelewat nalar. Tapi berguna, wah apa aja ya?

Kalau bahas tentang tinja dan urin pastinya itu adalah sesuatu yang jorok dan menjijikan dalam fikiran kalian kan? Ya itu normal-normal aja sih.

Namun ternyata tinja dan urin milik hewan tertentu bahkan juga manusia ternyata memiliki manfaat lho gengs.

Banyak hal yang takpernah terpikir oleh kita, namun ternyata sudah ada yang memanfaatkanya. Kira-kira apa aja? Yuk kita kepoin ulasanya d sini.

1. Kotoran jadi Bahan parfum

Kotoran atau tinja yang dikeluarkan oleh ikan paus ternyata bisa menjadi bahan parfum yang mahal lho gengs. Dari tinja ikan paus itulah tubuh bisa wangi, kok bisa?

Ikan Paus dapat mengeluarkan kotoran berupa lemak dan berbau tak sedap yang bernama ambergris. Meskipun awalnya ambergris berbau tak sedap, ternyata kandungan itu dapat membuat aroma parfum menjadi lebih tahan lama.

Kotoran jadi Bahan parfum (Racked.com)

2. Air kencing jadi pewarna

Tahu kah kamu? Pada Kitab Perjanjian Baru dari zaman Byzantine yang berusia 1.500 tahun memiliki lembaran yang berwarna keunguan dan ditulis dengan menggunakan tinta emas serta perak. 

Warna ungu yang menghiasi halaman kitab tersebut dihasilkan dari jamur yang bernama Roccella tintoria dan kemudian difermentasikan dengan menggunakan air kencing alias urine.

Pastinya kalian berfikir itu hal yang menjijikan, tapi di abad ke-15 sampai 18, hal itu di anggap wajar, karena emang bahanya dari itu.

Air kencing jadi pewarna (bergerpaints.com)

3. Steak Tinja

Para peneliti dari Tokyo, Jepang sana, saat ini sedang melakukan eksperimen dengan membuat steak dari bahan tinja.

Mereka sedang mencoba menyimpan protein dalam tinja dan mengkombinasikan dengan karbohidrat dan lemak untuk menghasilkan tekstur yang mirip dengan bakso. Tertarik mencoba?

Steak Tinja (chicagomeat.com)

4. Minuman tinja

Selain jadi makanan, dengan menggunakan teknologi yang canggih bernama Omnuprocessor, saat ini tinja bisa diolah menjadi air bersih yang bisa diminum.

Teknologi ini di masa depan dapat membantu manusia, terutama mereka yang sulit untuk mendapatkan akses air bersih. Kabarnya pengembangan ini dibiayai oleh Bill Gates lho.

Minuman tinja (tips.purence.com)

5. Batu bata dari Tinja

Karena saat ini ada lebih dari tujuh miliar manusia hidup di dunia. Bayangkan, setiap harinya ada berapa ton sendiridan hal itu bisa menjadi masalah lingkungan kedepanya.

Oleh karena itu Dr. Abbas Mohajerani dari RMIT University Australia menciptakan batu bata yang terbuat dari limbah hasil manusia. Katanya batu batanya ramah lingkungan lho gengs~

Nah jadi emang jarang kan kepikiran sama manusia tentang masalah urin dan tinja. Namun ternyata bahan menjijikan itu bisa diolah sedemikian rupa. Tertarik mencoba produk-produknya?

Batu bata dari Tinja (kabarbanyuwangi.info)