Punya Rambut Rapuh dan Gampang Patah? Coba Deh Tips Menguatkan Rambut Berikut Ini!

Punya Rambut Rapuh dan Gampang Patah? Coba Deh Tips Menguatkan Rambut Berikut Ini!

Semua orang menginginkan rambut yang kuat, berkilau, dan mudah diatur. Namun untuk mencapai tempat itu bisa jadi menantang. Sebagian besar dari kita harus menghadapi masalah rambut yang menghalangi kesehatan rambut.

Gen memang berperan dalam jenis, kekuatan, dan volume rambut Anda. Namun bukan berarti Anda tidak punya kendali atas rambut Anda.

Dalam artikel ini, kita akan melihat 10 langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu memperkuat helai rambut Anda, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan meningkatkan tampilan, nuansa, dan kesehatan rambut Anda.

1. Kurangi mencatok dan menggunakan hair dryer

Pengering rambut, setrika pelurus, pengeriting rambut panas, dan alat penata rambut berpemanas lainnya dapat berdampak buruk pada rambut Anda, terutama jika rambut Anda halus, kering, atau rentan patah. Terlalu banyak panas dapat melemahkan rambut Anda, sehingga menyebabkan helaian rambut menjadi rusak atau kusut.

2. Konsumsi vitamin

Seperti bagian tubuh lainnya, rambut membutuhkan vitamin dan mineral khusus agar sehat dan kuat. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan nutrisi mungkin berhubungan dengan rambut rontok.

Vitamin dan mineral yang mungkin paling penting untuk pertumbuhan rambut adalah: vitamin A, B, C, D, E, Zinc, dan Zat besi.

3. Perhatikan jumlah sampo yang kamu gunakan

Kecuali jika rambutmu sangat berminyak, kamu bisa mengurangi keramas dengan sampo dua hingga tiga kali seminggu, bukan setiap hari. Mencuci rambut terlalu sering dapat mengeringkannya dan melemahkan batang rambut. Selain itu, jangan menggunakan sampo terlalu banyak. 

4. Rajin pijat kulit kepala 

Sering-sering mencatok dapat merusak rambut (hyninbeauty.id)

Meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kondisi kulit kepala dan juga meningkatkan aliran darah ke folikel rambut.

5. Konsumsi cukup protein

Mencukupi kebutuhan protein harian penting untuk pertumbuhan rambut, karena sebagian besar folikel rambut terdiri dari protein. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan protein dalam makanan dapat menyebabkan penipisan rambut dan kerontokan rambut.

6. Gunakan bilas dingin

Mandi dengan air yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan akibat panas pada rambut, baik di akar maupun kutikula. Uap saat mandi dapat membuka kutikula rambut, sehingga menyebabkan rambut menjadi kering, keriting, dan rentan patah.

7. Bilas rambut dengan air dingin

Untuk melindungi rambut keramaslah dengan air hangat. Kemudian, akhiri mandi dengan semprotan air dingin pada rambut dan kulit kepala. Ini dapat membantu menutup kutikula rambut, sehingga rambutmu lebih mudah mempertahankan kelembapannya.

8. Gunakan lidah buaya

Lidah buaya kaya akan vitamin A, C, dan E. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat, termasuk sel-sel di rambut. Selain itu, lidah buaya juga mengandung vitamin B-12 dan asam folat, yang keduanya dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut.

Itu tadi 8 cara menguatkan rambutmu. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Tanaman lidah buaya (kompas.com)