Benarkah Stasiun Kereta Manggarai Angker? Ini Faktanya

Stasiun kereta api Manggarai disebut angker dan ceritanya menjadi urban legend di Jakarta.

Stasiun Kereta Api Manggarai  disebut-sebut menjadi bangunan yang angker. Stasiun yang terletak di Jakarta Selatan memang menjadi salah satu stasiun paling sibuk di Jakarta saat ini karena menjadi tempat pemberhentian dan keberangkatan kereta api menuju Bogor dan Cikarang, Jawa Barat.

Salah satu mitos yang paling terkenal tentang stasiun ini adalah kemunculan kereta hantu yang jalan sendiri pada malam hari. Kereta tersebut konon berangkat dari Manggarai menuju Bogor. Bahkan salah satu penjaga perlintasan kereta api di dekat stasiun mengaku pernah melihat kereta jalan sendiri pada malam hari.

Memang terkait kebenaran tersebut masih tanda tanya. Selain mitos kereta api hantu, bangunan stasiun ini berdiri sudah sejak 1918 atau pada pemerintahan kolonial Belanda. Makanya karena termasuk bangunan yang cukup lama dipercayai banyak sosok-sosok gaib yang menghuni beberapa titik di stasiun.

Terkait mitos angker Stasiun Kereta Api Manggarai  yang berkembang di kalangan masyarakat diangkat dalam sebuah film horor berjudul ‘Kereta Hantu Manggarai’. Film horor ini tayang pada tahun 2008 dibintangi oleh sederet artis seperti Sheila Marcia, Melvin Giovanie, Nadila Ernesta, dan beberapa pemain pendukung lain.

Cerita film tersebut mengangkat tentang mitos kereta hantu yang berangkat dari Stasiun Kereta Api Manggarai pada malam hari. Anak-anak muda itu tertantang dan penasaran untuk mengecek kebenaran mitos kereta hantu. Dengan bantuan paranormal, akhirnya kereta hantu itu datang dan dinaiki oleh remaja tersebut.

Sudah pasti pengalaman menyeramkan dirasakan selama naik kereta hantu itu. Teror makhluk halus tidak hanya berhenti selama berada di atas kereta saja, karena setelah mereka turun kereta para hantu masih bergantian meneror. Ada yang diganggu hantu perempuan dan hantu berwajah seram lain.

Stasiun Kereta Api Manggarai (SINDOnews)

Sebenarnya di Indonesia masih ada beberapa stasiun yang terkenal angker. Salah satunya stasiun Kaliwedi di Cirebon, Jawa Barat. Stasiun ini memang sudah tidak aktif lagi dan hanya dijadikan cagar budaya. Meskipun sudah tidak dipakai, namun banyak kisah mistis yang tersimpan dan dipercaya warga sekitar.

Misalnya kebiasaan makhluk halus penunggu stasiun yang disebut sering menutup telinga warga sekitar saat hendak menyeberang rel kereta, sehingga terjadi kecelakaan. Saking tersohornya karena memiliki kisah menyeramkan mirip Stasiun Kereta Api Manggarai , stasiun itu bahkan pernah dijadikan lokasi syuting film horor.

Stasiun Kereta Api Manggarai (Kompas.com)