Smartphone Kamu Sering Lemot? Coba Lakukan 6 Cara Ini untuk Mengatasinya

Smartphone Kamu Sering Lemot? Coba Lakukan 6 Cara Ini untuk Mengatasinya

Setiap smartphone tidak selamanya punya performa yang baik dan stabil. Seiring berjalannya waktu pemakaian, akan ada masa smartphone mengarami penurunan performa, salah satunya ngelag atau hand.

Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor penyebab. Jika kamu sering mengalami ponsel yang ngelag, berikut ini ada 6 tips yang bisa kamu coba untuk mengatasinya.

1. Bersihkan cache dan data aplikasi

Kamu bisa memakai pengaturan aplikasi pembersih sistem untuk menghapus seluruh cache maupun data aplikasi yang tidak digunakan. Hal ini bisa membantu dalam meningkatkan kinerja ponsel kamu. 

2. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Berikutnya adalah kamu bisa menghapus segala aplikasi yang sekiranya sudah tidak diperlukan. Cara ini penting guna membersihkan ruang penyimpanan serta memperbaiki kinerja ponselmu.

3. Pakai mode penghemat daya

Sebagian smartphone telah menyediakan fitur penghemat daya. Kamu bisa memakai fitur ini untuk meningkatkan kinerja ponselmu dengan mengatur kembali aplikasi yang saat ini tidak diperlukan. Dengan begitu, daya pada ponselmu tidak mudah boros.

4. Lakukan update sistem operasi

Selanjutnya, kamu bisa melakukan pembaruan versi terbaru dari sistem operasi yang ada. Hal ini dapat memperbaiki kinerja maupun keamanan ponselmu.

5. Pakai aplikasi pembersih data

Ada beberapa aplikasi pembersih data yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu bisa menggunakannya untuk menambah kinerja smartphone kamu, lalu menghilangkan file yang memakai banyak memori. 

6. Pakai perangkat lunak pemulihan

Terakhir, kamu bisa memakai perangkat lunak pemulihan supaya sistem operasi ponselmu bisa lebih baik. Tapi, pastikan kamu sudah memback-up seluruh data di ponselmu agar tidak hilang begitu saja ketika di reset.

Ilustrasi orang menggunakan smartphone (qoala)