5 Makanan yang Kaya Akan Kolagen, Bagus untuk Kulit dan Sendi

5 Makanan yang Kaya Akan Kolagen, Bagus untuk Kulit dan Sendi

Kolagen adalah protein yang memberi struktur dan dukungan pada jaringan tubuh kita. Kolagen bisa menjadi suplemen untuk meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan sendi. Tubuhmu secara alami membuat kolagen, namun jumlah yang kamu produksi menurun seiring bertambahnya usia. 

Banyak orang menggunakan suplemen kolagen. Namun apakah mengonsumsi makanan tinggi kolagen memberikan manfaat seiring bertambahnya usia? Mari kita lihat sumber kolagen alami yang bisa kamu peroleh dari makanan!

1. Kaldu tulang

Kaldu tulang adalah sumber makanan kolagen yang umum. Itu dibuat dengan merebus tulang dan jaringan ikat hewan selama berjam-jam untuk memecah kolagen.

2. Daging sapi

Daging sapi merupakan sumber kolagen yang sangat baik, namun kamu tidak akan mendapatkan jumlah kolagen yang tinggi dari sembarang jenis daging sapi. Untuk memaksimalkan jumlah kolagen yang kamu dapatkan, carilah potongan daging sapi yang paling keras. Potongan ini membutuhkan waktu paling lama untuk dimasak karena mengandung tulang rawan dan tendon yang kaya kolagen.

3. Kulit dan tulang rawan ayam

Kulit ayam adalah sumber kolagen lain yang perlu dipertimbangkan. Penelitian di laboratorium dan hewan menemukan bahwa peptida kolagen dari kulit ayam mungkin memiliki sifat anti kanker.

4. Putih Telur

Meskipun telur tidak mengandung jaringan ikat seperti banyak produk hewani lainnya, putih telur memiliki jumlah prolin yang relatif tinggi. Ini adalah salah satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen.

5. Buah Jeruk

Vitamin C memainkan peran utama dalam produksi pro-kolagen, prekursor kolagen tubuh. Artinya dapat membantu sintesis kolagen.

Buah jeruk seperti jeruk, grapefruit, lemon, dan jeruk nipis kaya akan nutrisi ini. Cobalah jeruk bali panggang untuk sarapan, tambahkan potongan jeruk ke dalam salad, atau tumis paprika kuning dalam tumisan.

Kaldu tulang kaya akan kolagen (bandung.viva.co.id)