Alasan Kenapa Kamu Perlu Mandi Air Dingin di Pagi Hari, Bisa Turunkan BB?

Alasan Kenapa Kamu Perlu Mandi Air Dingin di Pagi Hari, Bisa Turunkan BB?

Banyak orang menghindari mandi air dingin di saat pagi karena takut merasa kedinginan. Bila diminta memilih, banyak orang yang lebih memilih mandi dengan air hangat. Padahal, mandi air dingin di pagi hari punya banyak manfaat kesehatan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Menambah energi

Tak cuma menyegarkan badan, mandi air dingin juga bisa menambah energi secara alami untuk mengawali harimu dengan penuh semangat. Sebab, air dingin bisa merangsang sistem saraf dan mengaktifkan pernapasan dalam.

2. Meningkatkan sirkulasi dan kesehatan kulit

Mandi air dingin bisa membuat pembuluh darah menyempit sehingga bisa melancarkan peredaran ke seluruh tubuh. Hal ini bisa mengurangi peradangan dan membuat kulit berseri. Di samping itu, mandi air dingin bisa mengencangkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak sehingga membuat kulit lebih kencang.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Mandi air dingin juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lho. Sebab, air dingin mampu menambah produksi sel darah putih sehingga tubuh lebih mudah mencegah infeksi. 

4. Membuat suasana hati lebih baik

Mandi dengan air dingin juga bisa mengubah suasana hati menjadi lebih baik. Sebab, air dingin akan memicu pelepasan endorfin, neurotransmitter yang bisa menciptakan rasa bahagia. Selain itu, mandi air dingin juga disarankan jika kita sedang stres atau merasa banyak cemas.

5. Penurunan berat badan

Terakhir, paparan air dingin bisa mengaktifkan jaringan adiposa coklat, yakni lemak yang menghasilkan panas dan membakar kalori agar tubuh tetap hangat. Itu sebabnya jika kamu teratur mandi air dingin, maka kalori dengan sendirinya akan terbakar sehingga cukup efektik dalam menurunkan berat badan.

Ilustrasi orang sedang mandi (via freepik)