Gak Sarapan Pagi Benarkah Bisa Bikin BB Turun? Begini Penjelasannya

Gak Sarapan Pagi Benarkah Bisa Bikin BB Turun? Begini Penjelasannya

Banyak orang yang dengan sengaja tidak sarapan pagi hari karena ingin turunkan berat badan. Melakukan aktivitas harian dalam kondisi perut kosong itu disebut bisa mengurangi lemak pada tubuh.

Namun faktanya jika kita melewatkan sarapan terus menerus bisa menurunkan nutrisi pada tubuh serta menggangu aktivitas otak untuk bisa bekerja maksimal.

"Melewatkan sarapan bukan hanya tentang merasa lapar; itu adalah kesempatan yang hilang untuk menutrisi tubuh dan pikiran Anda secara efektif," kata Claire Rifkin M.S., RDN, ahli diet yang berbasis di New York dikutip dari Everyday Health.

Alhasil, tak sedikit orang yang karena melewatkan sarapannya, mereka jadi lebih sering ngemil. Tanpa sarapan, tubuh otomatis akan mencari energi dari tempat lain, entah itu dari cadangan lemak atau jaringan otot. 

Dari hasil studi pada jurnal Nutrients 2022, melewatkan sarapan pagi bisa menyebabkan resistensi insulin atau kesulitan naik berat badan. Mereka juga cenderung beresiko obesitas, hipertensi, diabetes dan gangguan kesehatan lain.

Ilustrasi sarapan pagi (via freepik)