7 Makanan Terbaik yang Bikin Organ Livermu Sehat

7 Makanan Terbaik yang Bikin Organ Livermu Sehat

Organ liver atau hati bertanggung jawab atas proses tubuh mulai dari memproduksi protein, kolesterol, dan empedu hingga menyimpan vitamin, mineral, dan bahkan karbohidrat.

Organ ini juga berfungsi memecah racun seperti alkohol, obat-obatan, dan produk sampingan metabolisme alami. Menjaga hati dalam kondisi yang baik penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Nah, berikut ini adalah 10 makanan yang dapat menyehatkan organ livermu:

1. Anggur

Anggur, terutama anggur merah dan ungu, mengandung berbagai senyawa tumbuhan bermanfaat yang dapat bermanfaat bagi kesehatan hati. Anggur dapat menurunkan peradangan, mencegah kerusakan sel, dan meningkatkan kadar antioksidan.

2. Kacang

Kacang kaya akan beberapa nutrisi penting, antara lain: lemak sehat, antioksidan, vitamin E. Nutrisi ini bertanggung jawab atas beberapa manfaat kesehatan.

3. Ikan berlemak

Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3, yang merupakan lemak sehat yang membantu mengurangi peradangan dan dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Analisis tahun 2016 menemukan bahwa asam lemak omega-3 membantu menurunkan lemak hati dan trigliserida pada penderita NAFLD atau steatohepatitis nonalkohol.

4. Sayuran Cruciferous

Buah anggur bagus untuk kesehatan hati (ngopibareng.id)

Sayuran cruciferous terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi dan rasanya yang khas. Mereka juga kaya akan senyawa tumbuhan bermanfaat. Beberapa contoh sayuran kucifer antara lain: brokoli, kubis Brussel, kubis, kembang kol.

5. Kopi

Kopi adalah salah satu minuman terbaik yang dapat kamu minum untuk meningkatkan kesehatan hati.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi melindungi hati dari penyakit, bahkan di antara mereka yang sudah memiliki masalah kesehatan terkait organ tersebut.

6. Minyak zaitun

Sayuran cruciferous (hellosehat.com)

Minyak zaitun dianggap sebagai lemak sehat karena banyak manfaat kesehatannya, termasuk efek positif pada jantung dan kesehatan metabolisme. Minyak zaitun juga dapat menurunkan risiko perlemakan hati pada orang dewasa yang lebih tua.

7. Blueberry dan cranberry

Blueberry dan cranberry mengandung antosianin, yang merupakan antioksidan yang memberikan warna khas pada buah beri. Mereka juga dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan.

Satu studi tahun 2021 menemukan bahwa mengonsumsi suplemen cranberry selama enam bulan memperbaiki steatosis hati, atau hati berlemak, pada orang dengan NAFLD.

Nah, itu tadi 7 makanan yang bisa menyehatkan organ hatimu. Yuk dijaga organ penting yang satu ini!

Minyak zaitun bagus untuk hati (timesindonesia.co.id)