Daftar 4 Musisi Terkaya di Dunia Tahun 2024, Nomor Satunya Ternyata Juga Pebisnis Sukses

Daftar 4 Musisi Terkaya di Dunia Tahun 2024, Nomor Satunya Ternyata Juga Pebisnis Sukses

Industri musik adalah industri besar menguntungkan. Dengan menjual beberapa rekaman, dan menciptakan lagu melejit di tangga lagu, dan melakukan tur global, seorang musisi bisa mapan seumur hidup. Jadi, dapat disimpulkan bahwa artis yang menjual banyak rekaman, punya banyak lagu yang masuk tangga lagu, dan sering tur termasuk orang terkaya di dunia.

Meski begitu, beberapa musisi masuk dalam daftar musisi terkaya bukan hanya kaya karena karier musik mereka. Banyak dari mereka yang mendapat tambahan kekayaan dari luar musik, dengan investasi cerdas dan usaha bisnis yang memperkuat rekening bank mereka. Jadi, siapa saja musisi terkaya di dunia tahun 2024? Simak daftarnya di bawah ini ya!

4. Taylor Swift (Kekayaan bersih: $1,63 miliar)

Taylor adalah bukti bahwa orang miskin yang menjadi kaya tak hanya sebuah dongeng. Berasal dari kota kecil di Pennsylvania, Swift pindah ke Tennessee saat remaja dengan impian menjadi bintang musik country. Yang mana akhirnya ia sukses besar dengan lagu-lagu popnya yang selalu hits.

Sebagai bintang pop terbesar di dunia, tur Eras Swift selalu terjual habis dalam hitungan menit, ke mana pun dia pergi, dan dia telah menghasilkan hampir $900 juta dari royalti dan tur. Katalog musiknya dinilai sebagai yang termahal di dunia. Semua ini menjadikan Swift sebagai musisi pertama yang mencapai status miliarder hanya dari musiknya, karena penyanyi belum membuat bisnis apapun.

3. Paul McCartney (Kekayaan bersih: $1,93 miliar)

Taylor Swift (hot.detik.com0

Paul McCartney tidak terlalu membutuhkan uang di usianya yang sudah 82 tahun. Meski begitu, ia masih melakukan tur dan menambah kekayaannya. McCartney juga memperoleh banyak uang dari royalti untuk melengkapi keuntungan turnya. Ditambah lagi, ia aktif di dunia bisnis, mengamankan banyak hak penerbitan untuk karya-karya artis terkenal lainnya.

2. Rihanna (Kekayaan bersih: $2,08 miliar)

Sebagai penerima manfaat dari sejumlah usaha bisnis yang menguntungkan, Rihanna berutang sebagian besar kekayaannya pada pekerjaannya sebagai wajah lini kosmetik Fenty Beauty. Perusahaan ini didirikan melalui kerja sama dengan LVMH dan telah sangat sukses, menelurkan lini pakaian dalam yang sama suksesnya dengan nama Savage x Fenty. Kedua merek tersebut kini bernilai lebih dari $1 miliar, dan Rihanna memegang saham yang cukup besar di keduanya.

1. Jay-Z (Kekayaan bersih: $3,71 miliar)

Paul McCartney tetap konser meski sudah berusia 82 tahun (billboard.com)

Pria berusia 54 tahun ini memiliki karier musik yang cemerlang, memenangkan 24 Grammy dan secara rutin menduduki puncak tangga lagu, tetapi penghasilannya dari musiknya hanyalah puncak gunung es dari kekayaan bersihnya. Jay-Z meluncurkan Roc-A-Fella Records saat ia merilis album pertamanya pada tahun 1996, dengan nilai label tersebut terus tumbuh sejak saat itu.

Ia kemudian mendirikan Roc Nation Entertainment, lini mode Rocawear, dan merek alkohol D'usse Cognac dan Ace of Spades. Portofolio investasi Jay-Z juga mengesankan, dengan saham di perusahaan seperti Uber dan SpaceX. Pada akhirnya, tidak ada artis lain yang mendekati kekayaan bersih Jay-Z, menjadikannya musisi terkaya di dunia sejauh ini.

Jay Z yang selain berkarier sebagai musisi pebisnis sukses (Facts.net)