Sering Dianggap Lemah, Ternyata Orang yang Suka Menangis Justru Bisa Dapatkan Manfaat Kesehatan Berikut

Sering Dianggap Lemah, Ternyata Orang yang Suka Menangis Justru Bisa Dapatkan Manfaat Kesehatan Berikut

Menangis bukanlah hal yang aneh. Baik pria maupun wanita menangis lebih sering daripada yang diperkirakan orang. Di Amerika, wanita rata-rata menangis 3,5 kali per bulan dan pria rata-rata menangis 1,9 kali sebulan.

Menariknya, manusia adalah satu-satunya hewan yang menangis. Manusia biasanya menangis karena luapan emosi. Entah itu karena sedih, bahagai, ataupun marah.

8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan

Orang mungkin berusaha menahan air mata jika mereka melihatnya sebagai tanda kelemahan, namun ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa menangis justru memiliki sejumlah manfaat. Berikut manfaat menangis untuk kesehatan:

1. Memiliki efek menenangkan

Menangis dapat menenangkan diri kita, terutama ketika kita sedang:

- mengatur emosi 

- menenangkan diri 

- mengurangi kesusahan 

2. Membantu menghilangkan rasa sakit

Penelitian telah menemukan bahwa selain menenangkan diri, mengeluarkan air mata emosional juga melepaskan oksitosin dan endorfin. Oksitosin membuat orang merasa nyaman dan juga meringankan rasa sakit fisik dan emosional. Itu artinya, menangis dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan rasa sejahtera.

3. Meningkatkan suasana hati

Menangis dapat membantu mengangkat semangat seseorang dan membuat mereka merasa lebih baik. Selain menghilangkan rasa sakit, oksitosin dan endorfin dapat membantu meningkatkan mood. Inilah sebabnya mengapa mereka sering dikenal sebagai bahan kimia yang “membuat nyaman”.

4. Melepaskan racun dan menghilangkan stres

Ilustrasi menangis (liputan6.com)

Ketika manusia menangis sebagai respons terhadap stres, air matanya mengandung sejumlah hormon stres dan bahan kimia lainnya. Para peneliti percaya bahwa menangis dapat mengurangi kadar bahan kimia dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat mengurangi stres. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini untuk mengonfirmasi hal ini.

5. Membantu tidur

Sebuah penelitian kecil pada tahun 2015 menemukan bahwa menangis dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak. Apakah menangis memiliki efek meningkatkan kualitas tidur yang sama pada orang dewasa masih belum diteliti. Namun, efek menangis di atas: yang menenangkan, meningkatkan suasana hati, dan menghilangkan rasa sakit dapat membantu seseorang lebih mudah tertidur.

6.  Melawan bakteri

Menangis membantu membunuh bakteri dan menjaga mata tetap bersih karena air mata mengandung cairan yang disebut lisozim. Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa lisozim memiliki sifat antimikroba yang sangat kuat sehingga bahkan dapat membantu mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh agen bioteror, seperti antraks.

7. Meningkatkan penglihatan

Air mata basal, yang dikeluarkan setiap kali seseorang berkedip, membantu menjaga kelembapan mata dan mencegah selaput lendir mengering. Nah, itu tadi 7 manfaat menangis bagi kesehatan. Jadi, jangan anggap dirimu lemah karena suka nangis ya!

Denger aja kata Dewa19, “Menangislah, bila harus menangis~ Karna kita semua manusia.”

Tidur nyenyak setelah menangis (bonsernews.com)