Kapan Sih Waktu Tepat Minum Kopi? Apakah Benar di Pagi Hari? Begini Kata Pakar

Kapan Sih Waktu Tepat Minum Kopi? Apakah Benar di Pagi Hari? Begini Kata Pakar

Kopi seringkali menjadi minuman yang disantap di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Minuman ini diketahui punya banyak manfaat, seperti menghilangkan kantuk, menambah energi, dan baik untuk kesehatan usus.

Akan tetapi, manfaat kopi bisa jadi gak diperoleh kalau waktu konsumsinya yang salah. Menurut ahli, waktu ideal untuk mengkonsumsinya adalah ketika kadar hormon kortisol dalam tubuh sedang rendah.

Hormon ini merupakan hormon stres yang biasanya diproduksi oleh tubuh, dan umumnya muncul di pagi hari. Menurut ahli gizi Anthony DiMarino, gak ada waktu yang benar-benar ideal. Namun pastikan untuk konsumsi di antara jam 7 hingga 8 pagi.

"Anda secara alami melepaskan kortisol di pagi hari untuk membantu tubuh lebih waspada dan menyadari lingkungan sekitar saat bangun tidur. Kafein ini memberikan dorongan ekstra, yang dapat membuat beberapa orang merasa gelisah," jelas DiMarino yang dikutip dari Huffington Post.

DiMarino menjelaskan kafein bisa bertahan selama 10 jam di dalam tubuh, tergantung pada kondisi metabolisme tubuhnya. Hal ini akan berpengaruh pada berapa lama kafein dapat membuat seseorang bersemangat.

"Jadi, dengan mempertimbangkan semua faktor tersebut, secangkir kopi di pagi hari antara pukul 9.30 dan 11 pagi dapat membantu Anda memperoleh manfaat kopi paling banyak," terangnya.

Ilustrasi minum kopi (via freepik)