Inilah Pembagian Olahraga yang Tepat Berdasarkan Usia

Kesalahan memilih jenis olahraga bisa menyebabkan seseorang akan cidera. Maka dari itu, pilihlah jenis olahraga yang tepat sesuai dengan usia kalian.

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam rangka menjaga kebugaran dan kesehatan. Namun siapa sangka? Jika kalian salah dalam memilih jenis aktivitas olahraga, hal itu justru akan membahayakan tubuh kalian sendiri.

Bukan tidak mungkin, resiko terkena cedera akan mengintai diri kalian. Maka dari itu, usahakan pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh yak gengs. 

Pasalnya, kondisi tubuh juga tentunya akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu hingga masa ke masa. Sehingga, tidak semua jenis olahraga cocok untuk semua golongan usia. Misal saja, olahraga lari jika dilakukan orang tua, justru akan menyebabkan cedera yang membahayakan tubuhnya bukan?

Nah, oleh karenanya ketahuilah jenis latihan olahraga yang sesuai dengan usia kalian. Berikut jenis latihan yang dibagi berdasarkan usia.

Olahraga (dbs.com)

1. Untuk Usia 70 Tahun Ke atas

Untuk usia ini, prioritas utamanya yakni mencegah jatuh dalam keadaan sedang tidak aktif. Namun, setelah melewati setidaknya usia 70 tahun ke atas, maka akan semakin sedikit olahraga yang bisa dikategorikan "sesuai" dan kita lebih baik memastikan bahwa tubuh tetap bergerak dari posisi satu ke posisi yang lain.

Personal triner asal Sidney, Wendi Carroll mengatakan bahwa "Kalian harus mengetahui batasan tubuhmu dan apa yang perlu dihindari. Beberapa orang masih bisa lari pada usia 70 tahunan, akan tetapi beberapa orang lainnya harus memodifikasi aktivitas mereka dengan bersepeda atau jalan kaki".

Olahraga di usia 70 tahun ke atas (sehatnesia.com)

2. Untuk Usia 50-60an

Pada usia ini, tubuh paling rentan mengalami sakit dan juga kondisi kronis. 

Pakar Kebugaran Julie Broderick merekomendasikan jalan cepat untuk menjaga tubuh tetap aktif. Tak hanya itu, pada usia ini baiknya juga menjaga keseimbangan dan fleksibilitas dengan aktivitas aerobik air.

Olahraga di usia 50-60an (vemale.com)

3. Untuk Usia 30-40an

Seperti yang diketahui, usia tersebut merupakan usia emas bagi pria maupun wanita. Meski mereka disibukkan dengan waktu bekerja, namun jangan lupa menyisakan sedikit waktu untuk berolahraga. 

Latihan interval intensitas tinggi, mungkin opsi yang baik untuk mereka yang hanya memiliki sedikit waktu berolahraga. Pasalnya dengan latihan ini, nantinya dapat meningkatkan pembakaran lemak, membangun ketahanan fisik, serta menurunkan gula darah.

Kalian bisa mencobanya dengan mulailah berlari (sprint) sekencang mungkin selama 10 detik. Turunkan intensitas dengan jogging selama lima detik, kira-kira 10 hingga 20 persen dari kecepatan maksimal Anda dan kemudian mengulangi berlari sprint.

Olahraga di usia 30-40an (lifestyle.kompas.com)

4. Untuk Remaja dan usia 20an

Pada usia ini, kondisi fisik sedang berada pada puncaknya. Maka, usahakanlah membangun kebiasaan olahraga yang baik dan hadapi segala tantangan yang ada. Pakar kebugaran menganjurkan pada usia ini, baiknya melakukan latihan aerobik dan kekuatan.

Nah, itulah pembagian jenis olahraga berdasarkan usia gengs. Dengan demikian, jangan sampai salah memilih yak, pasalnya bisa berakibat fatal pada tubuh kalian. Selamat mencoba.

Olahraga di usia remaja (infobekasi.co.id)