Bisa Merusak Pendengaran, Berapa Lama Waktu yang Ideal Menggunakan Headphones atau Earphones?

Bisa Merusak Pendengaran, Berapa Lama Waktu yang Ideal Menggunakan Headphones atau Earphones?

Karena kemajuan teknologi, earphone atau headphone telah menjadi produk penting bagi masyarakat. Kamu dapat menggunakannya untuk bepergian, berolahraga, atau sekadar mendengarkan musik yang bagus.

Orang biasanya menggunakan headphone untuk musik, buku audio, bermain game PC, dan lain sebagainya. Memang seru sih, kita jadi lebih fokus dan asyik sendiri. Sayangnya, terlalu menggunakan headphones dan earphones berbahaya untuk pendengaranmu. Lantas, berapa lama kita sebaiknya memakai headphone dalam sehari? Yuk, kita cari tahu jawabannya bersama di artikel ini!

Apa yang Terjadi pada Kita Jika Terlalu Lama Menggunakan Earphones atau Headphones

Orang memakai headphone tidak hanya untuk musik, tetapi juga untuk mendengarkan audio, film, dan sebagainya. Namun bila kamu memakainya lebih lama. Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah serius, seperti:

1. Pusing

Saat kamu berbicara melalui headphone dan mendengarkan musik, hal ini dapat membuat suara/bunyi yang keras meningkatkan tekanan pada saluran telinga. Sehingga bisa membuatmu merasa pusing.

2. Kehilangan Pendengaran

Jika kamu memakai headphone dalam waktu lama, itu bisa merugikan dirimu sendiri. Kebiasaan mendengarkan yang tidak aman dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen atau sementara.

3. Penyumbatan oleh Kotoran Telinga

Para gamer biasanya menggunakan headphones untuk waktu yang cukup lama (coolblue.nl)

Mengenakan headphone dalam waktu lama dapat menyebabkan tertimbunnya kotoran telinga. Headphone mencegah kotoran telinga keluar dari saluran telinga secara inheren. Kotoran telinga yang menumpuk dapat menyebabkan infeksi telinga, tinitus, masalah pendengaran, dan lain sebagainya.

4. Jerawat

Para ahli mengatakan bahwa orang yang memakai headphone, terutama saat berolahraga, memungkinkan bakteri berkembang biak. Hal ini dapat menyebabkan jerawat dan jerawat.

Berapa Lama Sebaiknya Kita Menggunakan Earphones atau Headphones?

Untuk mencegah masalah masalah pendengaran dan telinga, kamu setidaknya boleh menggunakan headphone atau earphone selama 60 menit setiap hari. Dengan catatan, kamu harus menjaga volume pada tingkat sedang dan menghindari suara keras. Suara keras tidak baik untuk telinga karena dapat menyebabkan sakit telinga yang parah. Kamu juga perlu menjaga kebersihan headphones dan earphones-mu.

Macam-macam earphones wireless (runnersworld.com)