Bahaya yang Mengintai Ketika Keseringan Minum Air ES, Waduh!

Waduh! ini lho bahaya yang mengintai ketika keseringan minum air es. Katanya sih berbahaya,Ahh ... masa iya?

Minum es itu nyatanya emang nyegerin. Apalagi ya ... saat sedang terik-teriknya, dan temperatur udara sedang naik, wah emang pas kalo minum air es. Cess di tenggorokan rasanya.

Tapi ada yang perlu kamu waspadai lho , sebenernya kebanyakan minum air es itu gak baik lho buat kesehatan kita. Air es bisa membekukan lemak yang ada pada darah kita, jadi bikin peredaran darah jadi gak lancar.

Sebenarnya masih banyak lagi dampak buruknya dari air es yang sering kita minum, kira-kira apa aja ya?

Memicu sakit kepala

Dengan kita sering meminum air es setelah makan dan berolahraga, ternyata dampaknya bisa membuat kepala sakit lho.

Pembuluh darah kita akan melebar di sekitar kepala karena perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba berubah setelah meminum air es.

Sakit kepala (allure.com)

Meningkatkan berat badan

Banyak yang beranggapan dengan meminum air es tidak akan membuat seseorang menjadi gemuk. Semua itu dikarenakan air tidak mengandung kalori.

Tapi, perlu diingat, karena dingin air es bisa membekukan lemak yang ada di peredaran darah, sehingga membuat peredaran jadi lambat dan gak lancar. 

Meningkatkan berat badan (therunningbug.com)

Memperlambat detak jantung

Jadi menurut sebuah penelitian, meminum air es terlalu sering bisa mempengaruhi saraf vagus, yaitu saraf dalam tubuh yang mengentrol aktivitas tubuh seperti detak jantung.

Air es bisa mempengaruhi kinerja saraf vagus sehingga membuat detak jantung menjadilambat. Ya bisa disimpulkan sendiri deh~

Memperlambat detak jantung (health.detik.com)

Gangguan fungsi pencernaan

Terlalu sering meminum air es itu bisa bikin gangguan fungsi pencernaan kamu lho. Karena bisa menghambat proses pencernaan, nyeri di bagian perut, dan mual. 

Air es juga bisa membekukan makanan dan tidak dapat membantu untuk menghancurkan lemak secara maksimal. Jadi malah akan membuat perut kembung dan sembelit.

Gangguan fungsi pencernaan (linisehat.com)

Penyumbatan pada usus

Keseringan minum air es, apalagi sehabis makan bisa membuat usus kamu tersumbat lho. Kok bisa? Karena air es dapat membuat prosses penghancuran dan pencernaaan di usus terganggu.

Suhu air es lah yang lagi-lagii membekukan lemaak pada saluran usus yang bila sering terjadi bisa mengendap, lama kelamaan terjadilah penyumbatan pada usus.

Jadi itulah mengapa kita tidak boleh keseringan minum air es gengs. Jadi jelaskan alasanya kenapa? Jadi kamu tetap akan minum air es terus?

Penyumbatan pada usus (IDNtimes.com)