Ingin Perkuat Kolaborasi dan Gerakan Filantropi Khususnya Bersama Milenial, Dompet Dhuafa Lakukan Kunjungan ke Kantor-Kantor Media

Ingin Perkuat Kolaborasi dan Gerakan Filantropi Khususnya Bersama Milenial, Dompet Dhuafa Lakukan Kunjungan ke Kantor-Kantor Media

Dalam rangka memperkuat kolaborasi dan gerakan filantropi, Ali Bastoni, GM Literasi dan Penghimpunan Wakaf Dompet Dhuafa, berkunjung ke kantor media VOI Kamis lalu (15/8). 

"Ingin memperkuat kolaborasi dan juga tentu menguatkan menggerakkan bagaimana gerakan filantropi di Indonesia ini semakin kuat. Terutama dalam spirit program yang lebih fundamental," kata Ali Bastoni kepada Voi.

Saat ini, diketahui Dompet Duafa sedang memasuki sesi puncak wakaf atau bulan wakaf, dalam konteks pengembangan program. Di mana Dompet Duafa sedang aktif menggalang dana sosial yang secara aktivitas mengedepankan aspek dana abadi. Dompet Duafa berharap gerakan sosial ini bisa dijangkau banyak pihak dan semakin mudah ke depannya.

Cara Dompet Dhuafa Mendapat Kepercayaan dari Masyarakat

Selain terus aktif menggalang dana, lembaga filantropi Dompet Dhuafa juga masih terus berusaha membangun kembali kepercayaan masyarakat yang sempat pudar karena kasus beberapa waktu lalu. 

Ketika ditanya bagaimana lembaga filantropi ini mengembalikan kepercayaan dari masyarakat, Ali Bastoni menjawab, 

"Pertama, memperkuat portofolio dan juga memperkuat reputasi. Sehingga kegiatan yang kami lakukan bisa diketahui oleh publik. Salah satu poinnya adalah kolaborasi yang kuat dengan insan-insan media."

"Kita juga beberapa waktu sering juga melakukan kegiatan yang namanya press tour, ataupun mengajak insan media mengunjungi memvisitasi program kami untuk diulas secara mendalam juga secara langsung terhadap penerima manfaat program Dompet Duafa," tambah Ali.

"Dengan semakin banyak memberitakan dan menceritakan seluruh aktivitas yang telah dilakukan, Dompet Dhuafa berharap masyarakan bisa terus memberikan kepercayaan pada lembaga sosialnya," tutup Ali.

Menjaring Milenial untuk Lebih Peduli dan Terlibat Kegiatan Sosial

GM Literasi dan Penghimpunan Wakaf Dompet Dhuafa, Ali Bastoni (voi.id)

Dompet Dhuafa juga ingin anak mudah lebih aware dan terlibat langsung dalam kegiatan sosial. 

Untuk itu, Dompet Dhuafa mencoba membuat program yang dinamis untuk milenial. Misalnya membuat tema program yang bisa menjadi gerakan, seperti 'Milenial Bangun Sekolah' atau 'Milenial Merenovasi Tempat Indah" dan lain-lain. Tujuannya, agar semakin banyak anak muda yang terlibat dengan porsi sumber daya yang tidak begitu besar. Hanya dengan nominal seperti Rp10ribu-20ribu, anak muda sudah bisa terlibat.

Dompet Dhuafa memiliki program bernama 'Voluntrip', yaitu mengajak volunteer-volunteer muda untuk melakukan trip kepada program-program yang dimiliki Dompet Dhuafa. Tujuannya untuk melakukan kreasi program dan tercipat kolaborasi dengan anak muda.

Dompet Dhuafa juga berusaha memberikan ruang pembelajaran bagi para milenial dengan cara memberikan edukasi dan litersi kepada anak muda terkait dengan filantropi. Khususnya dalam gerakan zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Sehingga harapannya anak muda dapat memahami bahwa sejatinya kebaikan, kesejahteraan, ataupun masalah di mana pun itu bisa selesai dengan kolaborasi dan sinergi secara bersama-sama.

Ali Bastoni bersama dan tim VOI, saat berkunjung ke kantor Media VOI