Inilah Alasan Kenapa Kita Perlu Melatih Kelenturan Tubuh Secara Rutin

Inilah Alasan Kenapa Kita Perlu Melatih Kelenturan Tubuh Secara Rutin

Fleksibilitas sangat penting untuk menjaga kemampuan kita melakukan tugas sehari-hari dan bergerak dengan mudah. 

Selain meningkatkan rentang gerak, melatih tubuh agar fleksibel dapat mengurangi risiko cedera dan jatuh. Latihan fleksibilitas (peregangan) sangat penting untuk semua kelompok umur dan dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam keseharian.

Pentingnya Melatih Fleksibelitas

Menjadi fleksibel berarti persendianmu memiliki rentang gerak yang lebih luas, dan kamu dapat bergerak lebih bebas. Sebab otot yang tegang dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk dan meningkatkan risiko cedera saat bergerak.

Berkurangnya fleksibilitas pada satu bagian tubuh dapat menyebabkan masalah pada bagian lain. Misalnya, duduk di kursi dalam waktu lama bisa menyebabkan otot hamstring (bagian belakang paha) terasa sesak. Hal ini dapat menyebabkan panggul miring ke belakang, yang kemudian memengaruhi keselarasan tulang belakang. Keselarasan tulang belakang yang buruk dapat menyebabkan nyeri dan masalah pada punggung bagian bawah, leher, dan bahu.

Latihan fleksibilitas juga membantu mengurangi risiko cedera, baik saat berolahraga, jogging, atau melakukan tugas sehari-hari yang memerlukan membungkuk, menggapai, dan mengangkat.

Manfaat lain dari fleksibilitas meliputi:

- Peningkatan komunikasi antara otak dan ototuntuk membantu mengoordinasikan gerakan.

- Peningkatan aliran darah (sirkulasi) ke seluruh tubuh

- Peningkatan produksi cairan sinovial, yang memberikan pelumasan pada persendian.

Tubuh yang lentur dapat memudahkan kita bergerak (new.yesdok.com)