Bisa Dimulai Sejak Dini, Berikut 7 Manfaat Kebiasaan Membacakan Buku untuk Anak-Anak

Bisa Dimulai Sejak Dini, Berikut 7 Manfaat Kebiasaan Membacakan Buku untuk Anak-Anak.

Tidak dapat disangkal bahwa keterampilan membaca seorang anak penting bagi keberhasilannya di sekolah, pekerjaan, dan kehidupan secara umum. 

Selain itu, sangatlah mungkin untuk membantu memastikan kesuksesan anak dengan membacakan mereka buku sejak usia dini. Untuk tahu lebih lanjut tentang manfaat utama membaca bagi anak-anak dan bagaimana membaca dapat mendukung mereka di masa depan, simak artikel ini sampai akhir ya!

Manfaat Membaca Bagi Anak

Baik kamu membacakan novel klasik atau dongeng sebelum tidur, atau membangun kebiasaan membaca pada anak hingga mereka hobi membaca, keduanya memberikan manfaat yang signifikan bagi kehidupan anak kelak. Beberapa manfaat membaca bagi anak antara lain:

1. Mendukung perkembangan kognitif

Membacakan buku untuk anak usia dini terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan membantu proses perkembangan kognitifnya. Perkembangan kognitif adalah munculnya kemampuan berpikir dan memahami; ini adalah konstruksi proses berpikir, termasuk mengingat, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan, dari masa kanak-kanak hingga remaja hingga dewasa.

2. Meningkatkan keterampilan bahasa

Kebiasaan membacakan buku bisa dimulai sejak bayi (mommiesdaily.com)

Membacakan buku setiap hari untuk anak kecil, dimulai pada masa bayi, dapat membantu penguasaan bahasa, keterampilan komunikasi, keterampilan sosial, dan keterampilan membaca.

Hal ini karena membacakan buku untuk anak-anak di bulan-bulan awal merangsang bagian otak yang memungkinkan mereka memahami makna bahasa dan membantu membangun keterampilan bahasa, literasi, dan sosial yang penting.

3. Persiapan untuk kesuksesan akademis

Membaca sejak dini bersama anak adalah kesempatan nyata bagi anak-anak untuk berkomunikasi dengan orang tuanya dan orang tua untuk berkomunikasi dengan anak-anaknya. Hal ini memungkinkan anak-anak untuk mengembangkan keterampilan kosa kata mereka dengan mengenal kata-kata baru dan keterampilan mendengarkan yang mereka kembangkan dari mendengarkan seseorang membacakan untuk mereka yang merupakan hal penting bagi keberhasilan akademis mereka.

4. Mengembangkan ikatan khusus antaran orangtua dan anak

Manfaat mengenalkan buku sejak dini (ufiebanaty.com)

Tentu saja, membacakan buku untuk anak secara teratur dapat membantu orangtua menjalin hubungan yang lebih kuat dengan anak mereka. Terkait dengan anak-anak, salah satu hal terpenting yang dapat kita lakukan untuk memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan mereka adalah meluangkan waktu bersama mereka. 

5. Meningkatkan konsentrasi dan disiplin

Memasukkan waktu membaca secara teratur ke dalam jadwal anak memiliki manfaat lain selain menciptakan waktu bersama, yaitu meningkatkan disiplin dan konsentrasi. Anak-anak yang masih sangat kecil jarang duduk diam dalam waktu lama, dan seringkali sulit membuat mereka fokus. Namun ketika orangtua memperkenalkan membaca secara teratur kepada anak-anak, anak-anak mungkin mulai mengalami perubahan perilaku. 

6. Peningkatan imajinasi dan kreativitas

Anak kecil secara alami mempunyai kapasitas untuk bermimpi besar dan menggunakan imajinasinya. Membacakan dengan suara keras untuk anak juga membantu mereka menggunakan imajinasinya untuk menjelajahi orang, tempat, waktu, dan peristiwa di luar pengalaman mereka sendiri. 

7. Menumbuhkan kecintaan membaca seumur hidup

Menurut Jim Trelease, penulis buku terlaris, "The Read-Aloud Handbook", “Setiap kali kita membacakan untuk seorang anak, kita mengirimkan pesan 'kesenangan' ke otak anak… kamu bahkan bisa menyebutnya sebagai pesan komersial, pengondisian anak untuk mengasosiasikan buku dengan senang hati.”

Itu tadi 7 manfaat membacakan buku bagi anak-anak yang ternyata luar biasa untuk perkembangan otak, pertumbuhan, dan masa depannya kelak. Yuk, aybun mulai biasakan membacakan buku untuk anak!

Anak akan terus cinta membaca jika dari usia dini sudah dikenalkan dengan buku (sekolahliterasi.id)