Benarkah Melamun itu Kebiasaan Buruk? Cek Faktanya di Sini!

Benarkah Melamun itu Kebiasaan Buruk? Cek Faktanya di Sini!

Kamu mungkin pernah membaca buku yang panjang dan tiba-tiba menyadari bahwa kamu gak tahu apa isi bacaannya karena melamun. Melamun mungkin lebih sering terjadi saat kamu merasa bosan atau stres, atau saat kamu asyik melakukan sesuatu.

Mengalami kekosongan atau kabut otak yang berkepanjangan juga merupakan hal yang lumrah jika kamu sedang menghadapi kesedihan, perpisahan yang menyakitkan, atau keadaan hidup sulit lainnya. Dalam kasus ini, melamun bisa menjadi semacam taktik untuk mengatasi masalah, namun hal ini belum tentu merupakan hal yang buruk.

Apa yang Menyebabkan Seseorang Melamun?

Seringkali melamun hanya berarti otakmu sedang beralih ke mode autopilot. Hal ini bisa terjadi ketika otakmu menyadari bahwa kamu dapat menyelesaikan tugas Anda saat ini, entah itu melipat cucian atau berjalan ke kantor, tanpa benar-benar memikirkannya. Jadi kamu masuk ke mode default.

Namun, faktor-faktor berikut dapat membuatmu lebih rentan melamun, bahkan ketika tugas tersebut benar-benar memerlukan perhatian penuh:

1. Kurang Tidur

2. Terlalu Banyak Informasi 

3. Merasa stress, trauma, atau penat

Sisi Baik dan Buruk Melamun

Lomba melamun di Tasimalaya (madania.co.id)

Secara umum, melamun tidaklah buruk sama sekali. Ini adalah bagian normal dari fungsi otak, dan sering kali juga membantu.

1. Sisi Baik Melamun

Membiarkan pikiran mengembara dapat meningkatkan kreativitas dan membantumu memecahkan masalah dengan lebih efektif.

Selain itu, ketika kamu benar-benar sibuk melakukan sesuatu yang kamu sukai, entah itu menggambar, berolahraga, bermain video game, atau membaca buku favorit, kamu mungkin merasa sangat asyik dan tidak memperhatikan apa yang terjadi di sekitarmu. Hasilnya, kamu mendapatkan lebih banyak kesenangan dari aktivitas tersebut.

2. Sisi Buruk Melamun

Jika kamu berusaha mengatasi sesuatu yang sulit, seperti pertengkaran dengan pasangan atau ceramah dari atasanmu, tekanan yang kamu rasakan mungkin akan berkurang pada saat itu. Melamun dapat mencegahmu menantang perasaan ini yang muncul.

Mungkin kamu merasa tidak sadarkan diri saat berkendara di jalan bebas hambatan karena kamu berkendara di rute yang sama setiap hari selama 7 tahun terakhir. Meski begitu, meski kamu mengetahui jalannya dengan baik, kehilangan fokus saat mengemudi dapat dengan mudah menyebabkan kecelakaan.

Anak kecil melamun (insanq.co.id)