Sebuah Penelitian Sebut Wanita Bisa Lebih Fokus Beraktivitas Cepat Saat Menstruasi

Sebuah Penelitian Sebut Wanita Bisa Lebih Fokus Beraktivitas Cepat Saat Menstruasi

Seringkali ketika PMS (premenstual syndrome) terjadi pada wanita, mereka merasa hal ini sangat menyiksa. Padahal, fase PMS pada wanita ini bisa memberikan dampak positif juga lho. Menurut beberapa penelitian mengungkapkan kalo wanita bisa beraktivitas fisik lebih baik dan cepat saat menstruasi.

Dari laporan Brightside, penelitian yang diterbitkan pada jurnal Neuropsychologia, wanita juga bisa berpikir lebih fokus ketika haid. Apalagi jika wanita memiliki fase haid yang teratur, hal ini membuat wanita akan sedikit melakukan kesalahn ketika beraktivitas.

Flaminia Ronca, yang bertindak sebagai penulis studi dari Divisi Bedah dan Ilmu Intervensi University College London (UCL) dan Institute of Sport Exercise & Health (ISEH) , menyatakan keterkejutannya atas temuan in.

Menurutnya, para partisipan dalam penelitiannya membuktikan adanya kinerja yang lebih baik saat menstruasi. 

Dalam sebuah tes, partisipan diminta untuk menekan tombol spasi setiap mereka melihat wajah tersenyum di antara serangkaian 'wajah tersenyum' dan wajah yang sedang 'mengedipkan mata'. Tes ini bertujuan untuk mengukur keterampilan dalam fokus, waktu reaksi dan akurasi. Hasilnya, 25% partisipan lebih jarang salah menekan tombol ketika menstruasi.

Ilustrasi wanita bekerja dengan fokus (via freepik)