Traveler Wajib Tahu, Ini Dia 5 Benda yang Gak Boleh Masuk Kabin Pesawat

Traveler Wajib Tahu, Ini Dia 5 Benda yang Gak Boleh Masuk Kabin Pesawat

Tak sedikit para traveler memutuskan untuk pergi ke tempat tujuan dengan transportasi udara yaitu pesawat. Namun sayangnya, masih ada saja sebagian orang yang belum paham bahwa ada beberapa jenis barang yang tak diizinkan untuk dibawa ketika menaiki pesawat.

Kebijakan itu masuk dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 185 Tahun 2015. Berikut adalah beberapa tipe barang yang sebaiknya tak kamu bawa ke kabin pesawat:

1. Cairan, Aerosol dan Gel

Ketiga jenis barang ini bukannya benar-benar tak diizinkan untuk dibawa ke dalam pesawat. Tetapi, ada kebijakan soal berapa jumlah cairan yang sebaiknya dibawa. Ya, para penumpang hanya boleh membawa barang jenis cairan dengan kapasitas 100 ml. Selain itu, ada pula beberapa syarat wajib yang harus dipenuhi penumpang jika ingin membawa barang cairan yaitu:

- Harus dimasukkan ke dalam plastik transparan tersegel yang telah disediakan pihak maskapai.

- Hanya boleh membawa satu plastik. Namun perlu diingat bahwa tak ada larangan untuk membawa boto kaca berisikan parfum.

Namun, sejumlah persyaratan itu tidak berlaku untuk obat-obatan, makanan dan minuman bayi, atau untuk diet tertentu. Selain itu, jumlah maksimal cairan yang boleh disimpan di koper terdaftar hanya sekitar 2 liter menurut standar TSA (Transportation Security Administration).

2. Benda Tajam

Berikutnya adalah benda-benda tajam seperti pisau, silet dan gunting. Lalu, ada juga benda yang termasuk kategori senjata seperti ketapel, airsoft gun, bahkan hingga mainan replika senjata juga tak diizinkan.

3. Powerbank

Sebenarnya, kamu sah-sah saja membawa powerbank ke dalam pesawat. Akan tetapi, ada kapasitas maksimum yang perlu diketahui jika ingin membawa powerbank, yaitu 20.000 mAh atau 100 watt. Dan jika kamu perlu membawa kapasitas yang lebih besar, maka kamu harus melapor ke pihak maskapai terlebih dahulu.

4. Benda yang mudah terbakar

Lalu, penumpang juga sebaiknya tak membawa jenis barang yang mudah terbakar atau meledak. Misalnya seperti cat semprot, dinamit, granat, kembang api dan sebagainya.

5. Makanan yang berbau menyengat

Terakhir, kamu juga tak diizinkan membawa jenis makanan yang memiliki bau menyengat. Misalnya seperti nangka, durian, petis, terasi dan lain-lain.

Ilustrasi cairan (via freepik)