Tips Agar Tidak Mudah Lupa Isi Buku yang Sudah Kita Baca

Tips Agar Tidak Mudah Lupa Isi Buku yang Sudah Kita Baca

Membaca memang kegiatan yang menyenangkan, apalagi kalau kita bisa mendapat pengetahuan baru yang bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Sayangnya, kadang kita lupa mengingat setiap detail buku yang kita baca. Jangankan detailnya, judul bukunya pun kita lupa.

Padahal, kebiasaan membaca yang baik tidak hanya membantumu membaca lebih banyak tetapi juga membantumu membaca lebih baik. Nah, untuk mendapatkan hasil maksimal dari setiap buku yang kita baca, penting untuk untuk mencatat, merefleksikan, dan menerapkan kesimpulan yang kita ambil dari informasi yang kita konsumsi. Berikut kunci penting membaca agar tak mudah lupa:

1. Kualitas lebih penting daripada kuantitas. Jika kamu hanya membaca satu buku dalam seminggu tetapi menghargai dan menyerapnya sepenuhnya, itu akan jauh lebih baik daripada seseorang yang membaca separuh perpustakaan tanpa terlalu memperhatikan isinya.

2. Membaca cepat itu omong kosong. Membaca cepat membuatmu tidak menyerap isi buku dengan maksimal.

3. Tidak perlu menggunakan aplikasi dan alat mewah untuk mencatat. Kamu hanya memerlukan buku catatan, kartu indeks, dan pena. (Jika kamu menginginkan alat online yang sederhana dan mudah dicari untuk membantu, Evernote adalah jawabannya.)

4. Jangan membaca hal-hal yang menurutmu membosankan. Menyelesaikan buku adalah opsional. Kamu harus memulai banyak buku dan hanya menyelesaikan beberapa saja.

Itu tadi 4 tips membaca buku supaya kamu tidak mudah melupakan isinya. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Membuat catatan soal buku yang sedang dibaca (rencanamu.id)