7 Menu yang Bisa Dibuat Anak Kos, Hemat dan Mudah

Banyak menu anak kos yang simpel dan tentunya hemat bahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Sebagai anak kos  yang mengurus semua kebutuhan sendiri, terkadang urusan makan bisa jadi terlupa. Padahal, banyak menu anak kos yang simpel dan tentunya hemat bahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Karena itu, keterbatasan waktu dan anggaran, tidak lagi menjadi alasan bagi anak kos untuk mengonsumsi makanan yang bergizi setiap harinya. Berikut adalah beberapa ide menu anak kos hemat dan mudah yang bisa menjadi solusi untuk menjaga kesehatan dan tetap menjaga kantong.

1. Roti Tuna Panggang

Roti adalah penyelamat di saat-saat terburuk. Berikan sentuhan spesial dengan membuat roti tuna panggang. Campurkan tuna kalengan dengan mayones, tambahkan selada dan tomat sesuai selera, dan panggang hingga kecokelatan. Mudah dan nikmat!

2. Nasi Goreng Sederhana 

Jangan pernah meremehkan keajaiban nasi goreng. Hidangan ini tidak hanya cepat disiapkan tetapi juga dapat dimodifikasi sesuai selera dan stok bahan yang ada di lemari esmu. Tambahkan sedikit sayuran dan lauk sisa semalam untuk variasi yang lezat. Untuk memudahkanmu di kemudian hari, kamu bisa membeli bumbu merah yang sudah jadi untuk dipakai menggoreng nasi berulang kali.

3. Mi Instan Level Up

Menu yang Bisa Dibuat Anak Kos (via Kompas)

Mi instan bukan hanya sekadar mi instan. Kreativitasmu bisa membuatnya menjadi hidangan yang lebih sehat dan bergizi. Tambahkan sayuran, potongan daging, atau telur untuk meningkatkan nilai nutrisinya. Dengan sentuhan pribadi, mi instan bisa menjadi menu cepat favoritmu.

4. Tumis Sayur Penuh Gizi 

Sayuran adalah bahan yang murah dan mudah didapat. Tumis sayur bisa menjadi menu andalan yang sehat dan hemat. Coba variasikan dengan berbagai sayuran, tambahkan sosis, nugget, atau tempe dan bumbu favoritmu, lalu padukan dengan nasi hangat untuk menu utama yang nikmat.

5. Oatmeal Ekstra Varian

Menu yang Bisa Dibuat Anak Kos (via Kompas)

Oatmeal bukan hanya menu untuk sarapan. Jadikan oatmeal sebagai bahan dasar untuk variasi hidangan yang lezat dan menyehatkan. Tambahkan buah-buahan segar, kacang-kacangan, atau madu untuk memberikan rasa dan nutrisi ekstra.

6. Telur Segala Bentuk 

Telur adalah sumber protein yang ekonomis. Olah telur dalam berbagai cara, seperti telur dadar, telur rebus, atau telur orak-arik. Gabungkan dengan sayuran atau sisa makanan lainnya untuk mendapatkan hidangan yang lezat dan bergizi.

7. Smoothie yang Segar

Jika waktu sangat terbatas, jangan lupakan smoothie. Campurkan buah-buahan, yogurt, dan sedikit es untuk mendapatkan minuman segar yang kaya akan nutrisi. Ini bukan hanya hemat tetapi juga cepat disiapkan.

Dengan ide menu anak kos  hemat dan mudah ini, kamu bisa tetap menikmati hidangan lezat tanpa perlu menguras kantong. Selamat mencoba dan jadilah koki hemat yang kreatif di dapurmu!

Menu yang Bisa Dibuat Anak Kos (via Kompas)