Moms Lagi Alami Baby Blues? Coba Lakukan Beberapa Cara Ini Agar Merasa Lebih Baik

Moms Lagi Alami Baby Blues? Coba Lakukan Beberapa Cara Ini Agar Merasa Lebih Baik

Sangat umum bagi wanita untuk mengalami masa-masa suka dan duka atau merasa sedih setelah melahirkan. Perasaan ini biasanya dimulai 2-3 hari setelah lahir dan bisa datang dan pergi. Ibu baru mungkin mengalami perasaan khawatir, tidak bahagia, dan lelah. Perasaan ini biasanya membaik dalam beberapa minggu. 

Namun, jika perasaan ini berlangsung lebih dari beberapa minggu atau kamu mengkhawatirkan diri sendiri atau ibu baru di dekatmu, yang mungkin mengalami depresi pascapersalinan coba konsultasikan ke psikolog dan tawarkan bantuan.

Gejala Baby Blues

Ibu yang mengalami baby blues dapat mengalami:

1. Menangis, kadang bahkan tanpa alasan yang jelas

2. Ketidaksabaran

3. Sifat lekas marah

4. Kegelisahan

5. Kecemasan

6. Kelelahan

7. Insomnia (bahkan saat bayi sedang tidur)

8. Kesedihan

9. Perubahan suasana hati

10. Konsentrasi yang buruk

Cara Mengatasi Baby Blues

Beda baby blues dan postpartum sindrom (kompasiana.com)

Beberapa hal berikut ini bisa ibu lakukan untuk membantu meredakan baby blues:

1. Bicaralah dengan orang terdekat tentang perasaanmu.

2. Menjalin hubungan dan komunikasi dengan ibu-ibu lain di komunitas atau secara online.

3. Pertahankan pola makan yang seimbang. Memiliki bayi baru mungkin membatasi waktumu menyiapkan makanan sehat. Terlalu banyak karbohidrat sederhana bisa membuat perubahan suasana hati lebih terasa.  

4. Luangkan waktu untuk diri sendiri dan lakukan sesuatu yang kamu sukai. Entah berjalan-jalan, mandi, membaca, membuat jurnal, menggambar, menonton film, bermeditasi, atau mengikuti kelas yoga. 

5. Luangkan waktu dengan teman atau luangkan waktu untuk bersama pasangan. Carilah orang dewasa lain yang dapat memberikan kenyamanan. Bisa teman, bisa keluarga. Sisihkan waktu rutin juga untukmu dan pasangan, agar kamu tidak merasa sendiri.

Tips terhindar dari baby blues (mamypoko.com)

6. Jadilah realistis. Jangan mengharapkan kesempurnaan dalam beberapa minggu pertama. Beri dirimu waktu untuk pulih sejak lahir, dan untuk menyesuaikan rutinitas makan dan tidur.

7. Beristirahatlah saat bayi beristirahat

8. Meminta bantuan. Entah itu mengasuh bayi, menyiapkan makanan, membantu anak-anak lain, melakukan pekerjaan rumah tangga, atau menjalani rutinitas, jangan takut untuk meminta teman dan keluarga untuk mendukungmu sehingga kamu dapat fokus pada kegembiraan memiliki bayi baru.

Itu tadi 8 cara untuk mengatasi baby blues yang sedang kamu alami saat ini. Semoga membantu ya, yakin aja badai pasti berlalu.

Baby blues pada ayah (haibunda.com)