Inilah Manfaat Teh yang Mungkin Belum Kalian Ketahui. Apa Saja?

Selain dimanfaatkan sebagai minuman, ternyata teh juga mempunyai beragam manfaat lho gengs. Dari beragam manfaat tersebut, kalian pasti jarang mengetahuinya.

Teh biasanya identik dengan minuman untuk diseduh yang baru kemudian disajikan. Selain mempunyai rasa yang nikmat, teh juga terbukti memiliki beragam manfaat lho gengs. Seperti halnya untuk memelihara kecantikan hingga memelihara lingkungan.

Maka dari itu, jangan sekali-kali membuang teh atau ampas teh yak gengs. Pasalnya kalian bisa mencoba memanfaatkan tersebut dengan hal-hal beikut ini.

Apa saja sih manfaatnya dan bagaimana cara melakukannya, agar teh atau ampas teh dapat dimanfaatkan? Yuk simak!

Teh (idntimes.com)

1. Atasi Bau Sepatu dengan Teh

Jika kalian senang berolahraga, pastinya saat olahraga tubuh kalian akan mengeluarkan keringat, dan tidak menutup kemungkinan keringat keluar dari kaki kalian.

Keringat yang keluar dari kaki kalian itulah, yang bisa menjadi penyebab sepatu kalian mengeluarkan aroma bau tidak enak. Namun tenang saja, aroma bau tidak sedap itu bisa kok dihilangkan dengan teh.

Caranya cukup dengan meletakkan kantung teh kering kedalam sepatu, lalu biarkan selama semalaman. Hasilnya...hmmm aroma bau tak sedap pada sepatu kalian akan hilang seketika. Ampuh bukan?

Bau sepatu (idntimes.com)

2. Sebagai Aroma Terapi

Buat kalian yang lelah dan stress akan pekerjaan seharian. Bisa nih kalian coba membuat aroma terapi dari teh gengs.

Caranya cukup mudah, lelehkan lilin, kemudian campurkan daun teh kering atau sari teh pekat dan padatkan kembali.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa aroma khas pada seduhan teh yang disebabkan oleh kandungan zat yang mudah menguap dan minyak atsiri pada teh, dipercaya memiliki sifat terapeutik dan psikoterapeutik. Nah, sifat itulah yang dapat membuat aroma khas pada teh ini memberikan efek ketenangan dan kenyamanan. Wah...bisa tuh kalian coba gengs.

Teh sebagai aroma terapi (blog.duniamasak.com)

3. Teh mampu menghilangkan perdangan pada kulit

Untuk kalian yang memiliki hobby travelling ke alam atau melakukan kegiatan outdoor. Saat melakukan aktivitas tersebut, sering kan kulit kalian telihat merah dan meradang akibat terkena sinar matahari?

Nah, untuk mengurangi dampak tersebut. Bisa nih, kalian mencobanya dengan ampas teh yang sudah diseduh. Caranya yakni cukup basahi sheet mask, tisu atau kapas dengan sisa teh kemudian tempelkan ke wajah kalian yang sedang meradang.

Menurut penelitian, hal tersebut dilakukan karena kandungan katekin pada teh memiliki efek anti peradangan, meregenerasi sel-sel kulit mati dan bersifat antioksidan. Bagaimana gengs? Berniat untuk mencobanya? 

Atasi masalah peradangan kulit (jualkrimpemutihwajah.net)

4. Teh dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik

Nah yang terakhir, kalian bisa menggunakan ampas teh sebagai pupuk organik lho gengs. Caranya hanya dengan mencampur ampas teh dengan tanah, maka ampas teh tersebut dapat menyebabkan struktur tanah menjadi lebih baik, sehingga dapat mengurangi erosi.

Selain itu, ampas teh yang kalian campur dengan tanah tersebut, nantinya juga akan membantu tanaman dari serangan penyakit.

Bagaimana gengs, banyak kan manfaatnya, untuk cara melakukannya pun tergolong mudah bukan? Berniat untuk mencobanya dirumah? Selamat mencoba yak gengs, semoga bermanfaat.

Teh sebagai pupuk (rufte-lounge.blogspot.com)