Tips Memasak Nasi Putih Rendah Gula Agar Hidup Lebih Sehat

Untuk hidup yang lebih sehat, kamu bisa terapkan beberapa cara berikut agar nasi yang kamu masak rendah gula. Bagaimana caranya?

Mengetahui tips memasak nasi rendah gula merupakan cara untuk memastikan asupan karbohidrat harian tetap seimbang. Bagi kebanyakan warga Indonesia, makan belum disebut makan jika makanan yang dikonsumsi tidak didampingi dengan nasi. Namun, terlalu banyak konsumsi nasi juga bisa meningkatkan kadar gula darah.

Nah, ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk meminimalkan kadar gula dalam nasi, sehingga kamu tidak perlu khawatir saat mengonsumsi nasi putih. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk memasak nasi rendah gula di rumah.

Rendam Beras Sebelum Dimasak

Sebelum dimasak, rendam beras selama beberapa jam. Proses perendaman dapat membantu mengurangi kadar gula yang terkandung dalam beras. Cara ini juga dapat membantu menghilangkan sebagian pati dari beras, yang merupakan faktor paling berkontribusi ketika terjadi peningkatan kadar gula dalam nasi.

Tips Memasak Nasi Rendah Gula (via IDN Times)

Gunakan Metode Memasak yang Tepat

Saat memasak nasi, ada beberapa metode yang dapat kamu gunakan untuk mengurangi kadar gula. Metode pertama adalah dengan menggunakan sedikit minyak kelapa saat memasak. Ini akan membantu menahan penyerapan gula dalam beras. Metode lainnya adalah dengan memasak nasi dengan tambahan bahan seperti daun pandan atau serai. Bahan-bahan ini tidak hanya menambah aroma, tetapi juga dapat membantu mengontrol kadar gula dalam nasi.

Tips Memasak Nasi Rendah Gula (via Hipwee)

Menggunakan Rice Cooker Khusus

Saat ini, telah hadir berbagai rice cooker low-carb yang mampu meghasilkan nasi rendah gula. Alat ini terbukti berhasil mengurangi kadar gula sebesar 10,1 sampai 45,3 persen. Teknologi dalam rice cooker jenis ini memanfaatkan metode pengukusan beras yang memisahkan air hasil memasak yang mengandung pati dan gula tinggi. Air berlebih secara otomatis disaring ke bagian bawah rice cooker.

Tips memasak nasi rendah gula bukanlah hal yang sulit. Dengan sedikit pengetahuan dan menggunakan metode memasak yang tepat, kamu dapat menciptakan hidangan nasi yang tidak hanya lezat tetapi juga ramah untuk kadar gula darah. Cobalah tips sederhana ini di dapurmu dan nikmati nasi dengan gula yang lebih rendah untuk kesehatan yang lebih baik!

Tips Memasak Nasi Rendah Gula (via iNews)