7 Superfood yang Bisa Menjadi Makanan Penambah Berat Badan Anak

Para ibu wajib mengetahui apa saja makanan penambah berat badan anak. Yuk simak ulasan berikut ini!

Menjaga anak tumbuh dengan berat badan yang ideal bisa menjadi perjuangan tersendiri bagi beberapa orang tua. Namun, dengan asupan makanan penambah berat badan anak  yang tepat, dapat membantu mereka mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

Berikut ini berbagai makanan yang dapat kamu tambahkan ke dalam pola makan anak untuk membantu mereka mencapai berat badan yang ideal.

1. Alpukat

Tidak hanya baik untuk diet orang dewasa, buah ini juga bisa membantu meningkatkan berat badan anak. Alpukat adalah sumber lemak sehat, kalori, dan nutrisi penting lainnya. Kamu bisa membuat smoothie alpukat atau menjadikannya sebagai spread pada roti gandum untuk camilan yang kaya akan kalori.

2. Keju

Makanan Penambah BB Anak (via Young On Top)

Keju mengandung protein dan lemak yang tinggi, yang dapat membantu meningkatkan berat badan anak. Sajikan keju sebagai camilan atau tambahkan ke dalam sandwich mereka. Rasanya yang lezat pastinya bakal disukai anak.

3. Kacang Almond

Makanan Penambah BB Anak (via Merdeka)

Kacang almond mengandung lemak sehat, protein, dan serat. Selain mencukupi kebutuhan nutrisi, makanan ini juga membantu melancarkan pencernaan. Kamu bisa memberikan kacang almond sebagai camilan atau menambahkannya ke dalam bubur atau yogurt.

4. Telur

Makanan Penambah BB Anak (via Aido Health)

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi. Sajikan telur dalam berbagai cara seperti telur dadar, telur rebus, atau telur mata sapi untuk variasi yang lebih menarik. Untungnya makanan ini mudah dimasak sehingga bisa disajikan sebagai beragam bentuk masakan.

5. Pisang

Makanan Penambah BB Anak (via Kompas)

Pisang mengandung kalori dan gizi yang tinggi. Jika si kecil enggan memakannya secara langsung, kamu bisa memberikan pisang sebagai camilan atau menambahkannya ke dalam smoothie.

6. Daging

Makanan Penambah BB Anak (via Halodoc)

Aneka jenis daging, mulai daging sapi, ayam, kambing atau bebek adalah sumber protein yang baik. Selain itu, daging juga memiliki kandungan protein, lemak, dan zat besi yang baik untuk tumbuh kembang anak. Cobalah sajikan dalam makanan kesukaan anak agar lebih mudah dikonsumsi.

7. Yogurt Full Cream

Makanan Penambah BB Anak (via Kompas)

Yogurt full cream mengandung kalori lebih tinggi daripada versi rendah lemak untuk menurunkan risiko diabetes. Pilih yogurt dengan tambahan buah atau madu untuk rasa yang lebih enak.

Saat mencoba makanan penambah bb anak , pastikan juga kamu memerhatikan keberagaman dalam pola makan mereka. Selain itu, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika kamu memiliki perhatian khusus mengenai pertumbuhan atau nutrisi anak. Dengan perencanaan yang baik dan pilihan makanan yang tepat, kamu dapat membantu anak mencapai berat badan yang sehat dan optimal.

Makanan Penambah BB Anak (via MyMilk)