4 Tips Memilih Flatshoes Sesuai Bentuk Kaki Agar Kaki Tetap Nyaman dan Minim Cedera

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika memilih ftalshoes agar sesuai dengan bentuk kaki dan nyaman. Bagaimana ya tipsnya?

Apakah kamu sering merasa sakit di daerah ujung kaki karena memakai sepatu  yang salah? Agar tidak terus-terus mengalaminya, kamu perlu memilih flatshoes sesuai bentuk kaki untuk menjaga kaki tetap nyaman dan jauh dari cedera kaki.

Karena itu, kamu perlu memahami bentuk kaki ketika memilih flatshoes yang cocok. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu dalam memilih flatshoes yang sesuai dengan karakteristik unik kaki kamu.

1. Kenali Ukuran Kaki

Langkah pertama dalam memilih flatshoes adalah mengetahui ukuran kaki. Setiap individu memiliki ukuran dan bentuk kaki yang unik. Identifikasi apakah kakimu cenderung panjang, melebar, atau meruncing. Lalu ukur kaki untuk menentukan nomor yang pas, mulai dari 36, 37, 38, dan seterusnya. Penting untuk dicatat bahwa flatshoes wanita menawarkan berbagai jenis yang sesuai dengan beragam karakteristik kaki.

2. Kenali Jenis-Jenis Flatshoes

Memilih Flatshoes Sesuai Bentuk Kaki (via CewekBanget.ID)

Ada beberapa jenis flatshoes yang perlu kamu ketahui sebelum memilih flatshoes sesuai bentuk kaki kamu. Mulai dari pointy toe yang ujung sepatu meruncing ke depan, ballerina shoes dengan ujung sepatu tumpul khas penari balet, angkle strap yang memiliki tali di pergelangan kaki, hingga loafers, jenis yang banyak dipakai ke kantor. Semua flatshoes ini memiliki bentuk yang berbeda dan bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu.

3. Sesuaikan dengan Bentuk Kaki

Memilih Flatshoes Sesuai Bentuk Kaki (via NUSABALI.com)

Secara umum, tipe kaki dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu tipe kotak yang semua ujung jari kaki hampir sejajar, tipe yunani yang runcing di bagian jari telunjuk, dan tipe mesir yang memiliki bentuk runcing di bagian ibu jari kaki dibanding jari lainnya. 

Kaki tipe kotak lebih nyaman dengan sepatu berbentuk square toe, yang tidak akan menyiksa ujung kaki dan mencegah lecet serta luka. Lalu bagi kamu yang memiliki kaki tipe yunani, disarankan untuk memilih model pointed toe, sepatu dengan ujung lancip yang sesuai dengan karakteristik kaki yang memanjang di ujung tengah. Terakhir, untuk kaki tipe mesir, sepatu dengan bentuk round toe adalah pilihan yang cocok, meskipun square toe juga bisa menjadi alternatif. 

4. Pilih Bahan yang Tepat

Memilih Flatshoes Sesuai Bentuk Kaki (via IDN Times)

Pilih flatshoes dengan bahan yang nyaman dan tidak membuat sesak, seperti kulit atau kanvas, untuk mencegah kaki menjadi panas dan berkeringat. Material yang nyaman juga membantu mencegah iritasi dan infeksi pada kaki.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, kamu dapat memilih flatshoes sesuai bentuk kaki yang tidak hanya menambah kesan stylish tetapi juga memberikan kenyamanan  selama digunakan. Ingatlah bahwa memilih flatshoes yang tepat adalah investasi dalam kesehatan kaki dan penampilanmu sehari-hari.

Memilih Flatshoes Sesuai Bentuk Kaki (via KlikDokter)