8 Presiden yang Meninggal Dunia Saat Masih Menjabat, Terbaru dari Iran!

Sejarah mencatat beberapa presiden yang meninggal dunia saat masih menjabat dan memegang kendali pemerintahan. Berikut beberapa di antaranya

Walau jarang terjadi, namun meninggalnya seorang presiden adalah peristiwa yang bakalan memberi dampak yang besar terhadap negara yang dipimpin. Seperti halnya kematian Ayatollah Ebrahim Raisi, Presiden Iran, yang meninggal dalam kecelakaan helikopter beberapa waktu lalu.

Selain Raisi, sejarah mencatat beberapa presiden yang meninggal dunia saat masih menjabat dan memegang kendali pemerintahan. Berikut beberapa di antaranya.

1. Abraham Lincoln (AS)

Kepemimpinan Abraham Lincoln, presiden ke-16 Amerika Serikat, berakhir tragis lantaran dibunuh pada tanggal 14 April 1865 oleh John Wilkes Booth, seorang simpatisan Konfederasi. Lincoln ditembak di Teater Ford, Washington D.C., dan meninggal keesokan harinya.

Dia dikenal sebagai salah satu pemimpin paling berpengaruh dalam sejarah Amerika yang memimpin negara selama Perang Saudara Amerika, serta berperan besar dalam penghapusan perbudakan. 

2. Franklin D. Roosevelt (AS)

Presiden yang Meninggal saat Masih Menjabat (via Politico)

Franklin D. Roosevelt, presiden ke-32 Amerika Serikat, adalah satu-satunya presiden yang terpilih untuk empat masa jabatan. Ia memimpin negara selama Depresi Besar dan Perang Dunia II. Pada 12 April 1945, Roosevelt meninggal mendadak akibat pendarahan otak di Warm Springs, Georgia. Wafatnya Roosevelt membawa Harry S. Truman ke kursi kepresidenan di tengah situasi global yang kritis.

3. John F. Kennedy (AS)

Presiden yang Meninggal saat Masih Menjabat (via Viva)

John F. Kennedy, presiden ke-35 Amerika Serikat, dikenang karena kharismanya dan kepemimpinannya selama Krisis Rudal Kuba serta inisiatifnya dalam program luar angkasa. Sayangnya, masa jabatannya yang penuh harapan berakhir pada 22 November 1963, ketika ia dibunuh di Dallas, Texas. Satu-satunya tersangka adalah Lee Harvey Oswald, yang kemudian langsung dieksekusi sebelum sempat memberikan kesaksian. 

4. Bingu wa Mutharika (Malawi)

Presiden yang Meninggal saat Masih Menjabat (via eSatu)

Bingu wa Mutharika, Presiden Malawi, meninggal dunia pada 5 April 2012 akibat serangan jantung. Mutharika yang menjabat sejak 2004, dikenal karena upayanya dalam meningkatkan pertanian dan ekonomi negara. Setelah kematiannya, wakil presiden Joyce Banda mengambil alih kepemimpinan, meskipun sempat terjadi ketegangan politik di negara tersebut.

5. John Atta Mills (Ghana)

Presiden yang Meninggal saat Masih Menjabat (via Malawi24)

John Atta Mills, Presiden Ghana, meninggal dunia pada 24 Juli 2012 di sebuah rumah sakit di Accra, hanya beberapa bulan sebelum pemilihan presiden berikutnya. Atta Mills adalah presiden ketiga Ghana yang terpilih secara demokratis dan dikenal karena kebijakan-kebijakannya yang berfokus pada pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial. Wafatnya Atta Mills menyebabkan wakil presiden, John Dramani Mahama, mengambil alih kepemimpinan negara tersebut.

6. Michael Sata (Zambia)

Presiden yang Meninggal saat Masih Menjabat (via Tempo)

Michael Sata, Presiden Zambia, meninggal dunia pada 28 Oktober 2014 di London, Inggris, setelah berjuang melawan penyakit yang tidak diungkapkan secara resmi. Sata, yang dikenal dengan julukan "King Cobra" karena gaya politiknya yang tajam dan tegas, menjabat sebagai presiden sejak 2011 dan fokus pada reformasi ekonomi dan sosial di Zambia. Kepergiannya meninggalkan kekosongan dalam kepemimpinan nasional yang segera diisi oleh wakilnya, Guy Scott.

7. Beji Caid Essebsi (Tunisia)

Presiden yang Meninggal saat Masih Menjabat (via Universitas Muhammadiyah Malang)

Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi meninggal dunia pada 25 Juli 2019 pada usia 92 tahun karena sakit. Dia adalah presiden pertama Tunisia yang dipilih secara demokratis setelah revolusi 2011 yang menggulingkan rezim otoriter. Kepemimpinannya berfokus pada transisi demokratis dan stabilitas politik di Tunisia. Kematian Essebsi terjadi hanya beberapa bulan sebelum pemilihan presiden yang dijadwalkan pada November 2019.

8. Ayatollah Ebrahim Raisi (Iran)

Presiden yang Meninggal saat Masih Menjabat (via BeritaSatu)

Presiden Iran Ayatollah Ebrahim Raisi dinyatakan meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter pada Minggu (19/5/2024). Dia bersama delapan orang lainnya, termasuk Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian, yang juga tidak berhasil selamat.

Presiden Asosiasi Bulan Sabit Merah Iran (IRCS) Pir-Hossein Kolivand mengumumkan pada Senin (20/5/2024) bahwa jasad Raisi dan beberapa orang lainnya yang tewas dalam kecelakaan telah ditemukan, menandai berakhirnya operasi pencarian. 

Demikian beberapa presiden yang meninggal  dunia saat masih menjabat, sehingga membawa dampak signifikan bagi negara yang dipimpinnya. Selain nama-nama di atas, masih ada beberapa kepala negara lain yang juga berpulang saat masih memegang kendali atas negaranya.

Presiden yang Meninggal saat Masih Menjabat (via VOI)