Kamu Harus Tahu! Inilah 6 Trik Menanak Agar Nasi Tak Mudah Basi

Ada beberapa cara dan trik yang bisa kamu terapkan saat menanak beras agar nasi tak mudah basi. Simak sampai akhir, ya!

Bagi seorang ibu yang sibuk, tentu enak jika proses menanak bisa dilakukan sekali saja dengan hasil nasi tak mudah basi dan bisa dikonsumsi anggota keluarga seharian. Namun kenyataannya, kamu pasti pernah mengalami momen ketika nasi yang baru dimasak dengan cepat menjadi basi, bukan?

Nasi yang lembut dan harum menjadi berair dan tidak bisa lagi dikonsumsi, sehingga kamu harus menanak lagi untuk waktu makan berikutnya. Untuk menghindari hal itu, ada beberapa cara dan trik yang bisa kamu terapkan saat menanak beras agar nasi tak mudah basi. Simak sampai akhir, ya!

1. Pilihlah Beras Berkualitas Tinggi

Segala sesuatu dimulai dari bahan baku dan hal ini juga berlaku untuk nasi. Pastikan kamu memilih beras berkualitas baik, yang utuh dan tidak keruh. Beras berkualitas akan memberikan hasil nasi yang lebih baik dan lebih tahan lama.

2. Cuci Beras Sampai Bersih

Sebelum memasak nasi, cuci beras dengan air bersih sampai beras benar-benar bersih. Ulangi proses mencuci ini hingga tiga sampai empat kali untuk menghilangkan kelebihan pati dan debu yang melekat pada beras. Beras yang sudah dicuci bersih akan menghasilkan nasi yang tak mudah basi setelah dimasak.

3. Tentukan Takaran Air yang Tepat

Nasi Tak Mudah Basi (via Hypermart)

Mengukur takaran air dengan tepat sangat penting dalam menanak beras. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pada kemasan beras atau gunakan perbandingan 1:2 antara beras dan air. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit air, karena hal ini dapat memengaruhi tekstur dan rasa nasi.

4. Tambahkan Bahan Alami Lain

Agar nasi tak mudah basi, kamu bisa menambahkan perasan air jeruk nipis atau lemon sebelum menanak nasi. Takaran yang bisa kamu gunakan, tambahkan ½ buah perasan air jeruk nipis atau lemon ke dalam 1 liter beras. Cara ini bisa membuat nasi matang tidak mudah berair dan basi. 

Selain itu, daun pandan bukan hanya berfungsi untuk membuat nasi yang dimasak menjadi wangi, tetapi juga membantu nasi tak cepat basi. Tambahkan 2-3 potong daun pandan ke dalam panci berisi beras yang akan dimasak. Hasilnya, beras akan wangi pandan dan tidak mudah berair.

5. Aduk dan Diamkan Nasi Setelah Matang

Nasi Tak Mudah Basi (via Kompas.com)

Setelah proses memasak selesai, aduk nasi dan biarkan nasi istirahat selama 10-15 menit sebelum dihidangkan. Di waktu ini, uap panas akan menyebar merata, membuat nasi menjadi lebih kering dan tidak mudah basi. Ingat untuk tidak sering membuka penutup panci selama proses ini, ya.

Dengan menerapkan cara dan trik ini, kamu dapat menikmati nasi  yang tak mudah basi setiap saat. Jangan lupa untuk mencoba dan menyesuaikan metode ini sesuai dengan preferensi rasa pribadi kamu. Selamat menikmati nasi lezat yang selalu segar!

Nasi Tak Mudah Basi (via HiMedik.com)