Hidup Sehat dan Bijaksana Ala Jepang dengan Pola Makan Shokuiku

Hidup Sehat dan Bijaksana Ala Jepang dengan Pola Makan Shokuiku

Shokuiku adalah filosofi Jepang yang dimaksudkan untuk mendorong kebiasaan makan yang sehat dan intuitif. Kebijaksanaan ini memberikan pedoman tentang bagaimana dan apa yang harus kamu makan. Shokuiku juga mengubah caramu berpikir tentang makanan.

Shokuiku, jika diterjemahkan memiliki arti "pendidikan makanan". Latihan shokuiku didasarkan pada beberapa konsep kunci tentang bagaimana dan apa yang harus kamu makan. Selama beberapa dekade terakhir, menjadi pola makan yang semakin populer di seluruh Jepang dan di seluruh dunia.

Prinsip Dasar Shokuiku

Shokuiku adalah filosofi sederhana berdasarkan empat prinsip utama. Berikut ini 4 prinsip utama Shokuiku:

1. Fokus pada rasa kenyang daripada kalori

Alih-alih menghitung kalori, shokuiku mendorong makan secara intuitif dan berfokus pada perasaan terhadap makanan tertentu. Kamu diajak untuk menyesuaikan isyarat lapar dan nafsu makan dan belajar mengenali kapan kamu mulai merasa kenyang.

2. Makan lebih banyak makanan utuh

Shokuiku menekankan pentingnya makanan utuh yang sehat, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, dan polong-polongan. Makanan ini kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, termasuk protein, serat, lemak sehat jantung, dan mikronutrien.

3. Menikmati berbagai makanan

Pola makan ala Jepang yang sehat (dietitianinjapan.weebly.com)

Sementara sebagian besar diet di Amerika Utara dan Eropa berfokus pada penghilangan atau pembatasan bahan-bahan tertentu, shokuiku menyoroti pentingnya menikmati beragam makanan sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan menyeluruh. Idealnya, makanan harus terdiri dari beberapa jenis sayuran, bersama dengan nasi dan sumber protein yang baik.

Shokuiku juga mendorongmu untuk mencoba menyiapkan makanan dengan cara yang berbeda, seperti memanggang, menggoreng, atau merebus, yang dapat membantu memberikan keragaman pada dietmu.

4. Berbagi lebih banyak makanan dengan orang lain

Menu lengkap dan sehat ala Jepang (halodoc.com)

Shokuiku juga mengajarkan bahwa makanan harus dipandang sebagai sumber kenikmatan dan kebahagiaan. Menurut prinsip shokuiku, makanan juga dapat membantu memperkuat hubungan sosial dan meningkatkan kesejahteraan emosional dan mental.

Untuk alasan ini, penting untuk duduk dan berbagi makanan dengan orang lain jika memungkinkan. Meluangkan waktu untuk menikmati makanan bersama teman atau keluarga dapat membantu mempromosikan pola makan yang sadar dan meningkatkan hubunganmu dengan makanan.

Itu tadi penjelasan tentang apa itu Shokuiku dan 4 prinsip dasar filosofi Jepang ini. Semoga bisa menginspirasimu dalam menjalani pola makan dan hidup yang sehat ya!

Mengenalkan Shokuiku sejak dini (youtube.com)