5 Pemain Timnas Indonesia Absen Lawan Irak dan Filipina, Ada yang Memilih Naik Haji

Beberapa pesepak bola Indonesia dipastikan absen ketika Timnas Indonesia melawan Irak dan Filipina.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) sudah memanggil 22 nama pemain dalam skuad di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menghadapi Irak dan Filipina. Dari nama-nama-nama itu ada yang mengejutkan karena STY tak menyertakan beberapa pemain yang diprediksi akan masuk skuad. Siapa saja mereka?

1. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia karena harus menjalani ibadah haji ke tanah suci bersama keluarga. Sosok Witan memang cukup penting di timnas sebagai pemain sayap yang memiliki naluri menyerang. 

Dalam laga kualifikasi sebelumnya, Witan selalu menjadi pilihan STY. Walaupun Witan tak bisa bergabung dengan tim, namun STY sudah memiliki nama-nama yang bisa menggantikan sosok Witan seperti Egy Maulana Vikri hingga Ragnar Oratmangoen.

2. Marck Klok

Pesona Marck Klok sebagai pemain Timnas Indonesia perlahan memudar. Apalagi setelah muncul para pemain muda macam Ivar Jenner hingga Marselino Ferdinan membuat Klok mulai menyingkir ke bangku cadangan.

Pemain klub Persib Bandung ini mengalami cedera. Cedera tersebut membuatnya absen di pertandingan Indonesia lawan Irak dan Filipina.Demi penyembuhan cedera cepat, Klok rela terbang ke Singapura untuk menjalani perawatan di sana.

3. Elkan Baggott

Witan Sulaeman Absen di Timnas Indonesia (Dream.co.id)

Selanjutnya ada Elkan Baggott. Baggott tak dipanggil oleh STY di kualifikasi Piala Dunia 2026. Belum diketahui sebabnya. Meskipun ada informasi jika PSSI kecewa dengan sikap Baggott yang tak merespons pemanggilan untuk bergabung dengan Timnas U-23 saat melawan Guinea. Gara-gara hal itu netizen Indonesia juga menyerang akun Instagram Baggott lantaran kecewa dengan sikapnya.

4. Ramadhan Sananta

Ramadhan Sananta adalah striker yang bisa melapis Rafael Struick di lini depan. Sananta juga tampil cukup impresif di SEA Games 2023 Kamboja dan Piala Asia U-23 lalu. Tapi STY tak memanggilnya dan memilih pemain Persikabo Dimas Drajad untuk bermain di Kualifikasi Piala Dunia.

5. Maarten Paes

Maarten Paes ditunggu publik agar bisa perkuat Timnas Indonesia setelah resmi menjadi warga negara Indonesia. Paes diketahui sedang berada di Amerika Serikat untuk membela klubnya Dallas FC bermain di kompetisi Major League Soccer (MLS).  Ernando Ari akan menjadi kiper utama Timnas Indonesia di dua pertandingan lawan Irak dan Filipina.

Elkan Baggott Tak Perkuat Timnas Indonesia (BBC)