Mitos Tanjakan Emen dan Kecelakaan Maut Bus Pariwisata di Subang

Tanjakan Emen adalah kawasan di Subang, Jawa Barat yang sering jadi lokasi kecelakaan. Terbaru kecelakaan maut bus pariwisata yang menyebabkan 11 orang meninggal.

Kecelakaan bus pariwisata Trans Putera Fajar di Subang, Jawa Barat pada Sabtu (11/5) mengakibatkan 11 orang meninggal dunia. Lokasi kecelakaan berada di dekat Tanjakan Emen, salah satu tempat angker yang ada di Subang.

Sejak dulu tanjakan curam yang berada di dekat perkebunan teh ini sudah dikenal karena kondisi medan yang curam berupa turunan dan tanjakan. Banyak kecelakaan terjadi karena kendaraan mengalami masalah pada rem ketika melewati jalanan yang menurun. 

Tanjakan itu dinamakan Emen karena zaman dulu ada pria bernama Emen yang mengalami kecelakaan di tempat tersebut. Emen adalah sopir angkutan umum rute Bandung - Subangyang menjadi korban kecelakaan.

Menurut kepercayaan warga sekitar agar pengendara selamat lewat tanjakan atau turunan ini harus melakukan beberapa ritual sebagai penghormatan kepada sosok arwah Pak Emen dan makhluk halus penunggu jalan, misalnya dengan membuang uang hingga melempar rokok, bahkan membunyikan klakson.

Kecelakaan bus pariwisata yang membawa pelajar SMK di Depok, Jawa Barat bukan lah yang pertama kali terjadi. Selama ini banyak kecelakaan dan menyebabkan nyawa melayang. Misalnya kecelakaan pada tahun 2012 lalu dimana sebuah bus pariwisata kehilangan kendali dan beberapa penumpang terlempar keluar.

Lalu tahun 2014 terjadi dua kecelakaan memilukan. Bus pariwisata membawa rombongan pelajar dari Jakarta Barat mengalami rem blong dan menabrak 9 mobil yang berada di depannya. Tujuh orang dinyatakan meninggal dunia.

Tanjakan Emen (Kumparan)

Kemudian pada 2 Agustus 2014 bus pariwisata kembali mengalami rem blong dan menabrak 1 motor. Bus itu berisi sekitar 60 penumpang. Kecelakaan yang paling parah terjadi di Tanjakan Emen pada tahun 2018 lalu ketika bus pariwisata terguling dan menyebabkan 27 orang meninggal dunia.

Sejumlah kecelakaan yang terjadi di Tanjakan Emen kadang dikaitkan dengan hal mistis. Padahal banyak faktor lain yang bisa jadi pemicunya, seperti pengemudi mengantuk, kondisi kendaraan yang tak baik, dan masalah lainnya. 

Disarankan untuk semua pengendara yang melewati kawasan Tanjakan Emen untuk selalu waspada. Mulai dari menjaga kesehatan, memilih istirahat saat mengantuk, dan mengecek kendaraan sebelum melintas jalan yang memiliki turunan dan tanjakan curam.

Kecelakaan di Tanjakan Emen (Suara.com)