Nggak Cuma Candi, Ini Deretan Tempat Wisata Alam di Magelang Ini Juga Wajib Dikunjungi

Terkenal dengan candi, rupanya Magelang juga memiliki tempat wisata alam yang tak kalah menarik. Di mana saja ya itu?

Bicara soal tempat wisata di Magelang, tentu yang terbayang dalam benak kamu adalah Candi Borobudur. Padahal, ada sejumlah tempat wisata alam di Magelang yang nggak kalah cantik dan pemandangannya bikin para pengunjung betah untuk berlama-lama di tempat tersebut.

Kalau kamu memiliki cukup waktu untuk liburan lama di Magelang. Kamu wajib banget berkunjung ke sejumlah wisata alam di kota tersebut. Apa saja? Yuk simak daftar berikut!

1. Ketep Pass Magelang

Wisata alam di Magelang yang pertama adalah Ketep Pass Magelang. Di tempat wisata yang berlokasi di Halan Blabak, Boyolali, Sawangan, Magelang, kamu bisa menikmati keindahan alam Magelang dengan background Gunung Merapi.

Tidak hanya itu, di sini kamu juga bisa menikmati Pelataran Panca Arga, Teropong, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, dan juga bioskop mini.

2. Punthuk Setumbu

Tempat Wisata Alam di Magelang (via Travel Kompas)

Selain Ketep Pass, kamu juga bisa mengunjungi Punthuk setumbu yang memiliki keindahan matahari terbit yang luar biasa. Bukit yang memiliki tinggi sekitar 400 mdpl ini dulunya adalah sawah milik penduduk.

Namun, karena kecantikan matahari terbit Borobudur yang tersebar di media sosial, akhirnya Puthuk Setumbu pun mulai ramai dikunjungi wisatawan. Mereka datang hanya untuk melihat keindahan matahari terbit di sana.

3. Punthuk Mongkrong

Tempat Wisata Alam di Magelang (via Hipwee)

Punthuk Mongkrong juga nggak kalah cantik dengan wisata alam di Magelang lainnya. Dari atas bukit dengan ketinggian 624 mdpl ini, kamu bisa melihat berbagai pemandangan yang cukup menawan.

Di antaranya seperti Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan juga Candi Borobudur. Pastinya bakal jadi pengalaman yang mengesankan, ya?

4. Jembatan Gantung Mangunsuko

Tempat Wisata Alam di Magelang (via Travel Kompas)

Selanjutnya ada Jembatan Gantung Mangunsuko yang menyuguhkan pemandangan luar biasa. Di sini, kamu tidak hanya bisa melewati jembatan dengan bentuk bangunan yang unik, tetapi juga bisa menikmati panoraman yang istimewa.

5. Puncak Suroloyo

Tempat Wisata Alam di Magelang (via detikTravel)

Puncak Suroloyo juga dikenal karena keberagaman alamnya. Pengunjung akan menemui hutan-hutan pinus yang rindang, pepohonan cemara yang tinggi menjulang, serta beberapa tanaman endemik yang tumbuh subur di kawasan ini. Rimbunnya pepohonan memberikan nuansa sejuk dan asri, menciptakan tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati alam.

Selain itu, ebagian besar area sekitar Puncak Suroloyo terbentang di atas Batu Menoreh, formasi batuan kapur yang memberikan karakteristik tersendiri pada pemandangan. Batu-batu runcing menoreh dan struktur geologis yang menarik menciptakan lanskap yang unik dan memesona. Para pengunjung sering mengambil momen untuk berfoto di antara batuan-batuan ini.

Mulai sekarang kalau ke Magelang, jangan hanya berkunjung ke Candi Borobudur saja.  Kunjungi juga beberapa tempat wisata alam di Magelang yang sudah disebutkan tadi. Wajib masuk daftar kunjungan kamu ya!

Tempat Wisata Alam di Magelang (via Good News From Indonesia)