Rekomendasi Makanan Diet untuk Golongan Darah O Agar Hasilnya Maksimal

Berikut adalah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk golongan darah O agar hasilnya lebih maksimal. Apa saja?

Tahukah kamu bahwa golongan darah  ternyata tidak hanya berperan penting saat proses transfusi. Berbagai penelitian bahkan mengungkap bahwa blood type ternyata juga memberikan dampak pada penyerapan makanan dan respon tubuh terhadap nutrisi tertentu. Karenanya, kamu mungkin harus memperhatikan golongan darah saat memulai proses diet.

Diet berdasarkan golongan darah telah menjadi populer belakangan ini, dengan klaim bahwa makanan yang sesuai dengan golongan darah tertentu dapat meningkatkan kesehatan dan membantu menurunkan berat badan. Berikut adalah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk golongan darah O sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Daging Rendah Lemak

Orang dengan golongan darah O diyakini memiliki sistem pencernaan yang lebih baik dalam memproses protein hewani, seperti daging. Namun, untuk menjaga kesehatan, disarankan untuk memilih daging rendah lemak, seperti daging ayam tanpa kulit, daging kalkun, dan daging sapi tanpa lemak, sebagai sumber protein utama.

2. Seafood

Makanan Diet untuk Golongan Darah O (via CarnicerĂ­a Avesa)

Seafood, seperti ikan salmon, tuna, dan trout, merupakan sumber protein yang baik untuk golongan darah O. Ikan laut juga mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan jantung dan otak. Hindari pengolahan berlebihan dan pilihlah metode memasak yang sehat, seperti dipanggang atau direbus.

3. Sayuran

Makanan Diet untuk Golongan Darah O (via KlikDokter)

Sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, dan kale, kaya akan nutrisi dan serat yang penting untuk pencernaan dan kesehatan usus. Sayuran laut, seperti rumput laut, juga merupakan sumber mineral penting, termasuk yodium, yang dapat membantu menjaga kesehatan kelenjar tiroid.

4. Buah-buahan

Makanan Diet untuk Golongan Darah O (via astronauts)

Buah-buahan segar adalah bagian penting dari diet golongan darah O. Buah-buahan seperti buah berry, ceri, dan plum kaya akan antioksidan dan serat yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

5. Minyak Zaitun

Makanan Diet untuk Golongan Darah O (via UMSU)

Minyak zaitun adalah sumber lemak sehat yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Gunakan minyak zaitun sebagai pengganti lemak jenuh, seperti mentega atau minyak kelapa, dalam memasak dan saus salad.

Meskipun diet berdasarkan golongan darah  belum sepenuhnya didukung oleh bukti ilmiah yang kuat, mengonsumsi makanan yang sesuai dengan golongan darah tertentu dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Bagi orang dengan golongan darah O, memasukkan menu di atas ke dalam pola makan sehari-hari dapat menjadi langkah yang baik dalam mencapai tujuan diet dan menjaga kesehatan tubuh. Agar lebih aman, selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengubah pola makan atau memulai diet baru.

Makanan Diet untuk Golongan Darah O (via Alodokter)