Jenis-Jenis Penginapan dan Perbedaannya, Jangan Sampai Salah Pesan!

Masing-masing jenis penginapan memiliki perbedaan, mulai dari fasilitas, pelayanan, hingga harganya. Yuk simak penjelasannya!

Memilih akomodasi yang tepat adalah salah satu trik agar liburan tetap menyenangkan. Karenanya, sebelum berangkat liburan, kamu wajib tahu apa saja jenis penginapan dan perbedaannya. Jangan sampai kamu sudah pesan penginapan, ternyata tidak sesuai ekspektasimu karena kamu tidak tahu apa perbedaan masing-masing.

Mungkin terdengar sepele. Namun meski sama-sama tempat menginap, namun masing-masing jenis penginapan memiliki perbedaan. Mulai dari fasilitas, pelayanan, hingga harganya. Nah, buat kamu yang belum tahu jenis-jenis penginapan yang ada selama ini, yuk cek daftarnya berikut ini seperti dikutip dari Mister Aladin.

1. Hotel

Jenis penginapan yang pertama adalah hotel. Kebanyakan dari kalian mungkin sudah tahu bahwa hotel merupakan penginapan yang biasanya terdiri dari gedung yang bertingkat dengan pilihan kamar yang cukup banyak.

Hotel sendiri dibedakan berdasarkan bintang, yakni bintang satu hingga bintang lima. Semakin tinggi bintang hotel tersebut, maka fasilitas yang ditawarkan pun semakin lengkap. Kelas hotel biasanya akan menentukan luas kamar yang dimiliki, serta harga per malamnya.

2. Hostel

Jenis-Jenis Penginapan dan Perbedaannya (via Accor)

Meski namanya mirip, namun hotel dan hostel adalah jenis penginapan yang berbeda. Hostel memiliki konsep yang mirip dengan asrama, yakni dalam satu kamar terdapat ranjang susun yang disediakan untuk para tamu.

Biasanya para tamu memilih hostel karena bisa menginap bersama rombongan keluarga atau teman dengan harga yang lebih murah. Namun tingkat privasi hostel lebih rendah, sebab kamar mandi biasanya menjadi milik bersama.

3. Resor

Jenis-Jenis Penginapan dan Perbedaannya (via Hipwee)

Selanjutnya, resor juga termasuk jenis penginapan yang diminati. Dengan konsep menginap sekaligus hiburan lengkap, ciri khas dari resor adalah bentuk bangunannya yang sangat luas dan biasanya menawarkan pemandangan alam seperti pantai atau pegunungan.

Untuk fasilitas yang ditawarkan hampir sama seperti hotel berbintang, yakni seperti restoran, kolam renang, spa, jogging track, dan fasilitas olahraga.

4. Motel

Jenis-Jenis Penginapan dan Perbedaannya (via Jawa Pos)

Terakhir ada motel. Motel merupakan gabungan dari kata motorists' hotel yang merupakan hotel pinggir jalan. Motel memang dirancang khusus untuk para pengandara. Karena itu, motel memiliki kamar-kamar yang dekat dengan area parkir kendaraan.

Motel hanyalah tempat tidur untuk tamu yang bermalam, jadi hampir tidak ada layanan tambahan. Dalam satu kamar motel terdapat sejumlah fasilitas seperti kamar mandi pribadi, namun tidak senyaman dan selengkap fasilitas yang diberikan oleh hotel.

Sekarang sudah tahu kan apa saja jenis penginapan dan perbedaannya. Masing-masing menawarkan pengalaman dan fasilitas untuk kebutuhan yang berbeda. Jangan sampai salah pesan saat liburan , ya.

Jenis-Jenis Penginapan dan Perbedaannya (via Booking)